13 Taktik Merekrut Tech Talent Menurut Forbes5 min read

13 Taktik Merekrut Tech Talent Menurut Forbes
©️ Pexels

 

Artificial Intelligence, Internet of Things, Big Data, cloud computing, dan cyber security adalah nyawa Industri 4.0. Jenis skill yang berkaitan dengan teknologi digital ini akan semakin dibutuhkan di masa depan, misalnya software engineer dan data scientist. Karena itu, merekrut tech talent sudah menjadi salah satu perhatian utama perusahaan di Indonesia. 

Namun, hal tersebut bukan pekerjaan mudah. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indonesia membutuhkan sekitar 600.000 digital talent setiap tahunnya. Sayangnya, saat ini ketersediaan tech talent di Indonesia belum dapat mencukupi kebutuhan tersebut. 

Selain itu, rekruter juga harus memastikan skill yang tepat untuk jenis pekerjaan yang dicari perusahaan. Belum lagi adanya persaingan yang ketat, baik antara startup maupun korporasi raksasa yang berlomba-lomba menarik kandidat dengan tawaran gaji yang menjanjikan. Lalu, bagaimana cara mendapatkan kandidat yang tepat di tengah berbagai keterbatasan ini? 

Forbes Technology Council memberikan panduan taktis bagi Anda yang ingin merekrut tech talent secara efektif.

Selaraskan tawaran perusahaan dengan tujuan individual

Setiap perusahaan menonjolkan nilai keunggulan mereka di hadapan kandidat, baik itu kompensasi, benefit, budaya organisasi, maupun peluang karier yang bagus. Anda perlu mengetahui tujuan individual dari setiap kandidat potensial dan memberikan tawaran perusahaan Anda yang bernilai, selaras, dan mendukung pencapaian tujuan mereka.

Tunjukkan budaya organisasi 

Budaya organisasi bisa menjadi faktor yang memengaruhi keputusan kandidat untuk memilih bergabung dengan Anda dibanding ke perusahaan lain. Kandidat hebat ingin tahu nilai-nilai penting dalam organisasi yang akan menjadi tempatnya bekerja, termasuk cara kerja tim, lalu mereka mengukur apakah hal tersebut cocok dengan apa yang telah menjadi standar kerja individual mereka selama ini.

Promosikan visi perusahaan

Untuk menarik anggota tim yang potensial, Anda perlu mempromosikan visi perusahaan yang ingin dicapai. Gambarkan tujuan secara jelas dan alasan mengapa Anda harus melibatkan kandidat di hadapan Anda sebagai bagian penting dalam upaya memperjuangkan visi perusahaan. Kandidat yang hebat umumnya sangat tertarik pada tantangan dan ingin melakukan pekerjaan besar dalam karier mereka.

Tawarkan kompensasi yang adil

Mustahil Anda mendapatkan kandidat hebat dengan tawaran kompensasi yang tidak layak. Gaji, tunjangan, dan bonus menjadi hal pertama yang memengaruhi keputusan mereka untuk memilih pekerjaan. Aturan dasar untuk memenangkan hati kandidat potensial adalah menawarkan gaji yang kompetitif, baru kemudian Anda memberikan tawaran lainnya.

Cari tahu hal paling penting bagi kandidat

Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda dalam bekerja. Imbalan mungkin merupakan alasan utama, namun selalu ada faktor penting lain yang menjadi pertimbangan kandidat dalam memilih pekerjaan dan perusahaan. Tech talent yang umumnya pekerja milenial juga menginginkan fleksibilitas atau work-life balance. Cari tahu apa yang penting bagi kandidat dan masukkan ke dalam daftar tawaran perusahaan.

Tawarkan pengalaman kerja baru

Kandidat hebat juga melihat pengalaman yang menarik yang akan didapat dengan bekerja di suatu perusahaan. Mereka ingin berkembang, mendapat sesuatu yang baru, dan memenuhi kepuasan personal. Karena itu, menawarkan pengalaman kerja seperti yang kandidat inginkan merupakan salah satu cara membuat mereka tertarik dan membutuhkan organisasi Anda. 

Berikan pemanis pada tawaran Anda

Memberikan pemanis tawaran adalah cara sederhana dan mudah untuk menarik kandidat terbaik, misalnya cuti tambahan, jam kerja fleksibel, asuransi karyawan, program dana pensiun, atau tunjangan pajak penghasilan. Tidak ada rumus pasti, Anda hanya perlu memikirkan hal-hal yang dapat Anda tawarkan yang tidak diberikan oleh perusahaan lain.

Tunjukkan sikap hormat kepada kandidat

Untuk menarik kandidat top talent, Anda harus menunjukkan rasa hormat dengan menganggap penting pengalaman dan keterampilan yang mereka bawa dari luar ke perusahaan Anda. Berikan alasan yang tepat mengapa keterampilan tersebut sangat dibutuhkan organisasi Anda untuk mencapai tujuan.

Carilah kandidat yang punya kecocokan timbal balik

Kecocokan timbal balik adalah kunci untuk mempertahankan karyawan. Anda mencari kandidat dengan pengalaman, keterampilan, maupun karakter individual yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. Sebaliknya, kandidat juga menilai apakah yang dimiliki dan ditawarkan perusahaan cocok dengan dirinya dan apakah perusahaan Anda menjadi tempat yang tepat bagi karier masa depan mereka.

Fokus pada lingkungan kerja

Tempat kerja terbaik identik dengan lingkungan kerja yang membuat betah karyawan. Menonjolkan perusahaan Anda yang memiliki tingkat turnover rendah, karyawan yang terlibat (engaged), dan tingkat kepuasan karyawan tinggi, merupakan cara memikat kandidat yang menginginkan lingkungan kerja terbaik.

Tunjukkan peran penting kandidat dalam rencana organisasi

Gambarkan bagaimana pentingnya peran yang akan dijalankan kandidat dan kontribusinya terhadap pencapaian tujuan organisasi. Ini akan membuat kandidat merasa terlibat dalam sebuah rencana besar dan membantu mereka memahami bahwa pekerjaan tersebut ikut menentukan kemajuan perusahaan.

Ceritakan kisah hebat perusahaan

Organisasi Anda punya kisah hebat? Ceritakan hal itu kepada kandidat potensial Anda. Melalui kisah yang menarik, seperti pencapaian yang mengagumkan, pertumbuhan yang pesat, kualitas SDM yang unggul, dan kemampuannya bertahan di tengah krisis, Anda sedang menawarkan sebuah lingkungan dan budaya kerja terbaik kepada calon karyawan terbaik Anda.

Soroti inovasi

Tech job tak bisa lepas dari inovasi. Kandidat hebat selalu tertantang untuk berpikir di luar batas, menciptakan hal-hal baru, dan menjadi pelopor dalam industri mereka. Soroti inovasi yang sedang dilakukan perusahaan dan tawarkan kesempatan kepada kandidat untuk menjadi bagian dari sejarah inovasi itu sendiri.

Proses rekrutmen yang efisien untuk dapatkan tech talent berkualitas

Glints TalentHunt menyediakan layanan rekrutmen top talent yang cepat dan tepat, hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu. Platform rekrutmen yang dapat diakses di https://talenthunt.glints.id ini telah digunakan lebih dari 30.000 perusahaan dengan tingkat kepuasan 8 dari 10.

TalentHunt memiliki sumber daya yang andal, yaitu tim rekruter berdedikasi, teknologi rekrutmen berbasis AI, dan talent pool yang besar dengan lebih dari 130.000 top talent yang telah dikurasi. Tim kami hanya merekomendasikan kandidat terbaik sesuai kriteria job description

Kurang yakin dengan kandidat yang Anda rekrut? Tenang. Kami memberi Anda garansi 90 hari penggantian kandidat gratis apabila karyawan baru Anda tidak memuaskan atau tidak cocok dengan peran yang Anda inginkan. Jaminan ini melindungi Anda dari risiko salah rekrut maupun pemborosan biaya rekrutmen.

Dengan TalentHunt, Anda juga lebih hemat. Tidak ada biaya komitmen di depan maupun biaya pembatalan. Anda hanya membayar biaya rekrutmen saat akan mempekerjakan kandidat yang Anda rekrut dari kami.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.