18 Pertanyaan Phone Interview Saat Merekrut Kandidat3 min read

18 Pertanyaan Phone Interview Saat Merekrut Kandidat
© Pexels

 

Phone interview menjadi salah salah satu cara perekrut untuk menyaring kandidat. Sebelum melakukan wawancara tatap muka, Anda bisa menjadwalkan untuk menelepon kandidat dan melakukan wawancara pendahuluan.

Untuk beberapa posisi, misalnya freelancer atau pekerjaan yang proses perekrutannya secara virtual, wawancara lewat telepon dilakukan lebih lama dan lebih mendalam. Sementara, untuk posisi lain, phone interview bisa lebih singkat.

Lewat wawancara telepon, Anda bisa menilai apakah kandidat akan lanjut ke tahap seleksi berikutnya atau tidak. Ini membantu Anda melakukan shortlisting untuk membatasi jumlah kandidat yang ingin Anda temui secara langsung. Jadi, hanya mereka yang paling mengesankan yang perlu Anda undang untuk datang wawancara tatap muka.

Phone interview merupakan cara yang efisien bagi perusahaan karena menghemat biaya sekaligus menyingkat waktu. Khusus bagi perusahaan yang menggunakan metode blind hiring, wawancara lewat telepon juga membantu meminimalkan bias dalam proses seleksi karyawan.

Pertanyaan wawancara lewat telepon umumnya berkisar tentang latar belakang dan pengalaman kandidat, motivasi melamar kerja, tujuan dan rencana karier di masa depan. Dari pertanyaan ini, Anda dapat menilai apakah kandidat cocok untuk pekerjaan yang Anda cari dan apakah mereka akan selaras dengan nilai dan budaya perusahaan Anda.

Berikut ini pertanyaan yang bisa Anda berikan kepada kandidat saat melakukan phone interview.

Pertanyaan tentang motivasi kandidat

  1. Apa yang Anda cari dalam pekerjaan Anda selanjutnya?
  2. Menurut Anda, apa kelemahan terbesar Anda?
  3. Apa kekuatan terbesar Anda?
  4. Bagaimana Anda menangani stres dan tekanan pekerjaan?
  5. Ceritakan tentang diri Anda.
  6. Apa tujuan karier Anda?
  7. Lingkungan pekerjaan seperti apa yang Anda sukai?
  8. Bagaimana Anda mengevaluasi kesuksesan?
  9. Kemampuan apa yang akan membuat Anda sukses menjalani karier?

Pertanyaan mengenai latar belakang kandidat

Anda perlu mengetahui latar belakang pengalaman kerja kandidat, serta mencocokkannya dengan deskripsi pekerjaan dan kualifikasi untuk menjalankan peran. Ini akan membantu Anda menilai apakah kandidat termasuk orang yang tepat mengisi posisi tersebut atau tidak.

  1. Apakah tanggung jawab utama Anda di peran saat ini?
  2. Apa tantangan dan masalah besar yang Anda hadapi dalam menjalankan peran Anda? Bagaimana Anda menanganinya?
  3. Mengapa Anda (akan) meninggalkan pekerjaan sebelumnya?
  4. Berapa gaji yang Anda harapkan dari peran yang akan Anda jalankan?
  5. Apa tanggung jawab Anda di pekerjaan sebelumnya?

Pertanyaan soal pekerjaan baru dan perusahaan

Phone interview juga dapat Anda gunakan untuk menilai sejauh mana kandidat punya pengetahuan terhadap perusahaan, sektor industri, serta pekerjaan yang mereka lamar di perusahaan Anda, dan bagaimana kandidat akan berkontribusi melalui perannya untuk membantu pencapaian tujuan organisasi Anda.

  1. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?
  2. Pengalaman apa yang Anda miliki?
  3. Tantangan apa yang Anda cari di posisi ini?
  4. Kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk perusahaan?

Jika Anda merekrut kandidat melalui Glints TalentHunt, maka pertanyaan-pertanyaan di atas dapat Anda sampaikan saat wawancara kandidat. Dengan platform rekrutmen Glints, proses merekrut menjadi mudah dan singkat karena seluruh proses seleksi akan dilakukan oleh tim kami yang berpengalaman dengan screening menggunakan teknologi AI yang cepat dan andal meski harus menyaring ribuan kandidat.

Kami akan membuat peringkat kandidat dan merekomendasikan beberapa yang paling sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang Anda cari. Bagian Anda adalah mewawancarai mereka dan memutuskan siapa yang Anda rekrut. Apabila tidak ada kandidat yang mengesankan Anda, maka Anda boleh membatalkan rekrutmen dan tidak perlu membayar biaya apa pun.

Biaya rekrutmen TalentHunt Anda bayar saat pertama kali mempekerjakan kandidat yang kami rekomendasikan. Kami memberikan garansi 90 hari penggantian kandidat gratis apabila karyawan baru tersebut tidak dapat menjalankan perannya sesuai harapan Anda. Ini akan membantu Anda menghemat anggaran perekrutan karena tak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kandidat baru.

Glints juga merupakan marketplace yang menyediakan ruang bagi perusahaan untuk memasang iklan lowongan kerja gratis tanpa batas di https://employers.glints.id. Namun, seluruh lamaran yang masuk menjadi tanggung jawab Anda sendiri untuk menanganinya.

Platform Rekrutmen Headhunter Job Portal Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.