3 Keahlian Manajemen Seorang Pemimpin3 min read

3 Keahlian Manajemen Seorang Pemimpin
©️ Unsplash

 

Dalam hierarki organisasi, ada tiga jenjang manajemen yaitu manajemen level bawah, manajemen level tengah, dan manajemen level atas. Ketiganya memiliki ruang lingkup tanggung jawab berbeda, dari mengelola beberapa orang staf pekerja hingga memimpin satu perusahaan. Para pemimpin tersebut pun membutuhkan keahlian manajemen untuk menjalankan tanggung jawab mereka. 

Setidaknya ada tiga jenis keahlian utama yang harus dimiliki seorang manajer di perusahaan untuk sukses dalam peran kepemimpinan, yaitu keahlian konseptual, keahlian interpersonal, dan keahlian teknis.

Keahlian konseptual

Ini merupakan jenis keterampilan manajemen yang wajib dikuasai oleh manajemen level atas, seperti chief executive officer (CEO), managing director, presiden direktur, dan jabatan sejenis. Keahlian konseptual berhubungan dengan kecakapan seseorang untuk melihat hal-hal besar dan mengambil kebijakan strategis dalam menjalankan perusahaan.

Sebagai pucuk pimpinan, top management melihat gambaran masa depan industri dan kondisi perekonomian, serta memahami kebijakan pemerintah. Lalu, mereka fokus pada bagaimana mengelola perusahaan agar sukses dalam kondisi semacam itu.

Keahlian konseptual berguna untuk menetapkan tujuan organisasi, merumuskan rencana bisnis, menyusun strategi perusahaan, mengorganisir seluruh departemen, mengoptimalkan sumber daya, memperluas pasar, dan menaikkan profit secara berkesinambungan.

Bagi manajemen level tengah, keahlian konseptual tidak terlalu penting. Sementara, bagi manajemen level bawah, keahlian manajemen ini tidak dibutuhkan.

Keahlian interpersonal

Ini merupakan jenis keahlian manajemen yang perlu dimiliki semua level manajemen, dan wajib bagi manajemen level tengah semacam head of department dan branch manager. Keahlian interpersonal berkaitan dengan kecakapan dalam berinteraksi dengan orang lain dan berkomunikasi secara efektif. Hal ini termasuk memberikan instruksi, saran, dan umpan balik, serta mendengarkan masukan, pendapat, dan keluhan dari karyawan. 

Keterampilan komunikasi menjadi kunci kesuksesan mengelola departemen atau kantor cabang, di mana manajer menjadi penghubung antara manajemen level atas dan manajemen level bawah. Mereka menyampaikan setiap rencana dan kebijakan direksi ke level bawah, dan sebaliknya menyampaikan keluhan dari bawah ke atas.

Keahlian interpersonal juga menyangkut keterampilan untuk memotivasi karyawan, mengorganisir tim yang dipimpinnya, membantu pemecahan masalah, dan membangun kerja sama yang efektif untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan oleh pucuk pimpinan.

Keahlian teknis

Keterampilan ini wajib dikuasai oleh manajer level bawah, seperti supervisor, kepala seksi, dan manajer kantor. Keahlian teknis juga perlu dimiliki manajer level tengah, tetapi tidak penting bagi top management.

Keahlian teknis berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya operasional atau berhubungan langsung dengan pelaksanaan pekerjaan. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas secara efisien serta memecahkan masalah teknis yang menjadi hambatan pekerjaan.

Manajer level bawah sehari-hari berhubungan dengan staf pekerja secara langsung. Sebagai contoh, ketika staf customer service menghadapi keluhan pelanggan yang sulit diatasi, mereka kerap meminta pendapat dari atasan yang bertanggung jawab.

Dengan penguasaan keterampilan teknis yang baik, manajer level bawah dapat memberikan arahan dan saran, mengawasi pekerjaan, dan membantu staf yang mengalami kesulitan.

Temukan kandidat potensial dengan keahlian manajemen

Berencana merekrut kandidat untuk peran manajer? Keterampilan teknis dan interpersonal wajib dimasukkan di iklan lowongan kerja, karena terkait langsung dengan pengelolaan pekerjaan dan karyawan.

Anda dapat melakukan job posting secara online di aplikasi lowongan kerja Glints tanpa biaya dan tanpa batas. Marketplace ini dikunjungi ratusan ribu pencari kerja potensial dengan berbagai keterampilan dan pengalaman. Klik https://employers.glints.id untuk memasang iklan gratis di job portal

Jika posisi manajer merupakan peran yang sulit diisi di perusahaan Anda, TalentHunt dapat membantu Anda merekrut kandidat berkualitas sesuai dengan kebutuhan.

TalentHunt merupakan layanan headhunter dari Glints yang membantu perusahaan merekrut peran sulit secara efisien dalam waktu 2-3 minggu. Dengan sumber daya yang andal, meliputi tim berdedikasi, teknologi algoritma Artificial Intelligence, dan database dengan 100.000+ top talent, TalentHunt merekomendasikan kandidat terbaik yang paling memenuhi kriteria peran yang Anda inginkan.

TalentHunt merupakan layanan rekrutmen bergaransi yang memberi Anda jaminan kecocokan kandidat dengan peran yang Anda tawarkan. Apabila kandidat rekomendasi kami ternyata berkinerja buruk, maka kami akan mencari penggantinya gratis untuk Anda dalam waktu 90 hari.

(Penulis: Khairina)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.