3 Kesalahan Umum dalam Mengelola Tim Sales3 min read

Tim sales di perusahaan Anda tidak memiliki performa sesuai dengan yang diharapkan? 

Ketidaksesuain ini tidak selalu diakibatkan oleh kinerja para individu yang tidak mumpuni. Kesalahan dalam mengelola tim sales juga dapat mempengaruhi kemampuan tim sales dalam melakukan penjualan.

Oleh karena itu, menyusun dan mengimplementasikan  strategi manajemen internal sama pentingnya dengan strategi untuk mendapatkan konsumen baru dari eksternal.

Dalam mengelola internal tim sales, ada 3 kesalahan umum yang muncul, menurut pakar yang telah menggeluti dunia sales selama bertahun-tahun, yaitu sebagai berikut

Terlalu berorientasi angka

Menurut Caesarianto Rahardjo, praktisi sales di bidang logistik sejak 1992, kesalahan umum yang sering dilakukan perusahaan ketika membentuk, mengelola, serta mengatur pengembangan tim sales adalah menjadikan angka sebagai momok.

Senada dengan Caesarianto, Dipa Komala, seorang Business Advisor di bidang FMCG berpendapat bahwa fokus mengejar target penjualan adalah bentuk pemikiran jangka pendek. Sebaliknya, pertumbuhan berkelanjutan butuh diupayakan. Begitu pula membangun nilai merek (branding) tanpa mengorbankan hal-hal yang sifatnya strategis.

Di bulan-bulan awal perekrutan tim sales, pastikan pemimpin tim sales fokus dalam menerangkan pemahaman produk. Kurangnya pemahaman tentang produk yang ditawarkan oleh team sales akan menyebabkan penawaran produk yang tidak sistematis.

Kurang partisipatif

Tim sales adalah tim yang bekerja di lapangan. Mereka hadir, menyaksikan, dan mendengar secara langsung apa yang terjadi di lapangan beserta apa yang ada di pikiran calon konsumen.

Oleh karena itu, penting untuk membuka ruang bagi para tim sales yang paham kondisi lapangan dalam pembuatan keputusan. Bangun gaya manajemen dua arah dan libatkan masing-masing anggota tim sales dalam menentukan praktik yang terbaik bagi mereka.

Dipa Komala menyebut leadership skill yang bersifat vertikal ke bawah atau Top to Bottom dapat tergolong menjadi kesalahan umum yang sering terjadi di perusahaan.

Ketidakpastian operasional

Semua individu yang tergabung dalam tim perlu mengetahui sistem kerja serta sama-sama menjunjung tinggi sistem tersebut secara kolektif. Tidak hanya bersifat sosialisasi satu kali, sistem kerja ini perlu dievaluasi secara berkala. Apakah sudah esuai dengan kondisi serta tuntutan perusahaan yang kian berubah?

Tidak hanya permasalahan alur kerja, sistem pelaporan juga sering menjadi masalah dan perlu didesain agar efektif dan efisien, menurut Dipa Komala.

Namun bagaimana jika perusahaan Anda belum mempunyai tim sales, langkah apa yang perlu dilakukan untuk memulai? Jika ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut beserta strategi-strategi lain dalam mengelola dan mengembangkan tim sales, download ebook Strategi Membangun dan Mengembangkan Tim Sales secara gratis di sini.