3 Kunci Supaya Onboarding Online Tetap Menarik4 min read

3 Kunci Onboarding Online Tetap Menarik
Photo by Unsplash

Onboarding merupakan proses untuk mengenalkan lingkungan dan budaya kerja pada karyawan baru. Artinya, karyawan baru bukan hanya berkenalan dengan kolega barunya, menggunakan berbagai alat kerja yang mungkin juga baru untuknya namun juga berkenalan dengan budaya kerja baru. 

Untuk poin pertama dan kedua, rasanya lebih mudah dilakukan secara online sekali pun. Lalu bagaimana dengan pengenalan budaya kerja perusahaan bisa dilakukan secara online?

Hal ini tentu penting mengingat, di situasi saat ini ada banyak perusahaan yang memutuskan untuk mempertahankan kerja jarak jauh yang dimulai ketika pandemi. 

Onboarding merupakan proses yang strategis karena menurut para ahli, beberapa bulan pertama pengalaman kerja ini menjadi faktor penting untuk retensi. 

Pengalaman onboarding yang engaging dan tepat sesuai kebutuhan karyawan baru akan membuatnya punya kesempatan lebih untuk bertahan lama di perusahaan. 

Lamanya proses onboarding ini, bisa sangat bervariasi di masing-masing perusahaan, mulai dari 3 bulan hingga 1 tahun. 

Pentingnya onboarding

Karyawan baru harus beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan sejak hari pertama

Karyawan perlu tahu dan memahami visi, misi dan tujuan perusahaan. Onboarding merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan nilai-nilai perusahaan tersebut. 

Dalam proses ini, karyawan baru bisa menyesuaikan nilai perusahaan dengan nilai pribadi yang dipegangnya. Dengan keselarasan nilai antara karyawan dan perusahaan maka ia pun akan lebih mudah untuk memberikan kontribusi terbaiknya. 

Karyawan perlu mengetahui targetnya dan bagaimana target tersebut diukur

Sebagai karyawan baru, ia tentu juga harus beradaptasi dengan target pekerjaan baru dan juga bagaimana target ini diukur. 

Hal ini terkait dengan objective and key results (OKR) dan juga key performance index (KPI). Bisa berupa tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang kemudian dievaluasi secara berkala. 

Dalam proses ini, manajer memiliki peran penting. Bukan hanya untuk memberikan evaluasi kepada karyawan baru namun juga memberikan feedback yang bisa diaplikasikan.

Namun demikian, di saat yang sama, karyawan baru juga mesti dibekali dengan kemampuan berpikir mandiri. Berbekal kemampuan yang satu, ini karyawan akan merasa lebih terlibat dan tentu saja lebih bisa engage dengan perusahaan. 

Untuk perusahaan, hal ini berarti karyawan akan bisa berkontribusi dalam inovasi dan perbaikan terus-menerus di perusahaan. 

Pentingnya program mentorship 

Ketika karyawan memulai hari-hari pertamanya di perusahaan, manajer langsung perlu mengenalkan dengan jalur komando dalam perusahaan. 

Selain itu, dalam proses ini juga bisa dibentuk program mentorship untuk membantu proses adaptasi karyawan baru sehingga kontribusinya pun bisa diberikan lebih maksimal. 

Dalam program ini, yang penting ditransfer bukan hanya kemampuan teknikal tapi juga membantu karyawan baru untuk beradaptasi dengan kultur perusahaan. 

Merancang program onboarding online

Onboarding memegang peranan penting baik bagi karyawan maupun perusahaan seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Menyelenggarakan onboarding secara online karena kebijakan perusahaan masih melanjutkan bekerja jarak jauh misalnya menjadi suatu tantangan tersendiri. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat pengalaman onboarding online karyawan baru tetap menjadi pengalaman kerja pertama yang berkesan dan menyenangkan bisa mengikuti 3 tips di bawah ini:

Jujur dan transparan tentang prosesnya

Dalam onboarding online, memastikan karyawan baru memiliki gambaran proses yang akan dilaluinya akan menimbulkan rasa percaya dan aman. 

Sama seperti ketika kita datang ke dokter gigi, kita akan lebih percaya pada dokter untuk melakukan tindakan setelah mendengar penjelasan lengkap prosedur apa saja yang akan kita lewati, apa saja risiko yang mungkin dihadapi. 

Dalam onboarding online yang dilakukan dengan minim interaksi tatap muka, penjelasan tentang rencana dan apa saja yang mungkin terjadi dalam prosesnya akan memudahkan karyawan. 

Oleh karena itu, tepat ketika karyawan baru masuk maka langkah terbaik adalah dengan memberinya gambaran program. 

Temukan keseimbangan  

Meskipun onboarding dilakukan secara online, bukan berarti kegiatan yang bisa dilakukan hanya duduk di depan laptop saja. Karena kalau begitu, tentu akan membosankan. 

Selain memberikan informasi melalui presentasi, bisa juga digabungkan dengan training bahkan praktik. 

Selipkan kegiatan yang menyenangkan 

Tidak bisa dipungkiri, kegiatan onboarding kadang terasa membosankan untuk para pesertanya. Oleh karena itu, bisa juga disisipkan kegiatan menyenangkan di tengahnya. 

Untuk kegiatan onboarding online, beberapa permainan bisa disisipkan, misalnya Kahoot, atau mini scavenger hunt, atau permainan lain yang bisa dilakukan secara online. 

Meskipun tentu saja, permainan ini sebisa mungkin disisipi dengan perkenalan pada nilai dan budaya kerja perusahaan. 

Ketika perusahaan memilih untuk menyelenggarakan program onboarding secara online, memang akan bertemu dengan tantangan yang mungkin tidak terpikirkan dalam situasi tatap muka langsung. 

Pun, jika ingin melakukan kegiatan juga mungkin terbatas karena tidak tatap muka. Misalnya, makan siang bersama yang biasanya menjadi sarana saling mengenal tidak bisa dilakukan. Dengan kata lain, mau tidak mau harus diakui bahwa onboarding online mungkin memiliki pilihan kegiatan yang terbatas jika dibandingkan dengan onboarding tatap muka. 

Dalam situasi ini, yang penting adalah penyampaian nilai-nilai dan budaya perusahaan sebisa mungkin singkat dan tidak perlu berlama-lama dengan presentasi. 

Akan lebih baik, jika karyawan baru bisa merasakan pengalaman langsung melalui mentoring atau bahkan permainan yang menarik. 


Artikel di atas dipersembahkan oleh Glints for Employers, mitra rekrutmen terpercaya untuk startup dan perusahaan di Asia Tenggara dan Taiwan. Lebih cepat dan hemat, pakar kami yang dibekali dengan teknologi siap membantu Anda terhubung dengan talenta terbaik di sekitar Anda. Temukan layanan lengkap kami untuk mulai membangun tim yang berkualitas hari ini.