4 Kesalahan Umum Employer Branding yang Perlu Dihindari3 min read

 

Photo by Pexel

 

Citra atau reputasi perusahaan akan mempengaruhi kemampuan perusahaan tersebut dalam merekrut talenta-talenta terbaik. Oleh karena itu, employer branding cukup krusial dalam kaitannya dengan kualitas tenaga kerja di perusahaan Anda. 

Ada banyak tantangan yang mungkin muncul dalam melakukan employer branding. Seringkali Anda juga perlu melalui sejumlah trial and error terlebih dahulu sampai menemukan strategi andalan dalam mengeksekusi employer branding. 

Untuk segera merasakan dampak positif dari employer branding, Anda dapat mempelajari beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam melakukan employer branding di bawah ini.

Tidak Menonjolkan Identitas Perusahaan

Kepribadian manusia begitu beragam, sehingga mungkin tidak semua pencari kerja merasa cocok dengan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan Anda. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Justru, pencari kerja yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan Anda akan mampu bertahan di perusahaan Anda relatif lebih lama.

Dalam melakukan employer branding, pastikan Anda menampilkan identitas perusahaan Anda secara jujur dan transparan. Konten dan campaign yang mencerminkan apa yang Anda percayai akan menarik para talenta yang memiliki frekuensi yang sama dengan perusahaan Anda. Hal ini juga dapat berperan sebagai proses seleksi awal dalam pencarian kandidat terbaik bagi perusahaan Anda.

Jika Anda belum mendefinisikan identitas perusahaan Anda dari sudut pandang employer branding, Anda dapat mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Apa kualitas yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lainnya dalam industri yang sama?
  • Karakteristik seperti apa yang dibutuhkan dari pencari kerja untuk mencapai tujuan perusahaan Anda?
  • Apa yang bisa Anda tawarkan bagi pencari kerja? 

 

Terlalu Memprioritaskan Lowongan Pekerjaan

Meski employer branding bertujuan untuk mempermudah proses rekrutmen, pencari kerja tentu juga memiliki kepedulian terhadap suasana kerja serta budaya dari perusahaan yang mereka lamar. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak hanya berfokus pada informasi lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan Anda.

Sampaikan nilai-nilai yang Anda percayai, unggah dokumentasi suasana bekerja di perusahaan Anda, atau berikan wadah bagi para karyawan Anda untuk berbagi pengalaman mereka selama bekerja di perusahaan Anda.

Kemas konte-konten tersebut dengan menarik agar Anda dapat memikat talenta yang tidak hanya berkemampuan baik, namun juga mereka yang mampu berkomitmen kepada visi perusahaan Anda.

 

Tidak Konsisten dan Cepat Menyerah

Manfaat employer branding umumnya baru dapat dirasakan setelah beberapa waktu. Anggap employer branding sebagai agenda jangka panjang yang membutuhkan konsistensi untuk mencapai hasil yang diinginkan, bukan proyek sesekali.

Mengingat prosesnya yang cukup panjang, hindari mengeluarkan usaha maksimal secara habis-habisan di awal. Pendekatan pelan-pelan namun konsisten akan lebih cocok untuk employer branding.

Lakukan evaluasi secara berkala dan jangan berhenti melakukan employer branding meski semua posisi kosong di perusahaan Anda telah terisi. 

 

Tidak Mudah Ditemukan 

Ketika talenta sedang mencari lowongan pekerjaan, apakah iklan lowongan kerja Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh mereka? Perlu diingat bahwa perusahaan Anda “berkompetisi” dengan banyak perusahaan lain dalam menarik minat talenta-talenta terbaik yang ada di pasar tenaga kerja. 

Oleh karena itu, maksimalkan keberadaan online Anda dengan mempelajari dan mengimplementasikan teknik-teknik SEO. Hal ini dapat memudahkan pencari kerja menemukan lowongan kerja di perusahaan Anda. 

Jika Anda ingin secara proaktif mendekati talenta-talenta terbaik yang memenuhi kualifikasi, Anda juga dapat menyerahkannya kepada Glints TalentHunt dengan tenaga headhunter profesional yang fokus pada pencarian kandidat. Glints TalentHunt memiliki database lebih dari 1,5 juta kandidat,  dilengkapi dengan teknologi AI untuk proses rekrutmen yang lebih cepat, mudah, serta efisien. 

Jadwalkan konsultasi gratis sekarang dengan jaminan 90 hari penggantian, jika kandidat yang kami rekomendasikan belum memenuhi kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.