4 Siklus Manajemen Kinerja3 min read

4 Siklus Manajemen Kinerja
©️ Pexels

 

Siklus manajemen kinerja merupakan proses lingkaran yang berulang setiap periode ketika karyawan dievaluasi selama waktu tertentu. Dalam periode tahunan, setiap karyawan melalui siklus yang dimulai dengan penetapan tujuan, dilanjutkan dengan pemantauan kemajuan, kemudian pengembangan karyawan untuk menjadi lebih baik, dan diakhiri dengan penilaian kinerja.

Sasaran dari siklus ini adalah untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana kinerja karyawan. Rencana ini membantu karyawan untuk fokus mencapai tujuan organisasi, sekaligus menyelaraskan prioritas mereka dengan tujuan organisasi.

Berikut ini komponen manajemen kinerja dalam siklus penilaian periodik.

Perencanaan

Perencanaan berkisar pada penetapan sasaran kinerja untuk karyawan. Sasaran kinerja ini dapat dilihat dalam deskripsi pekerjaan, seperti daftar tugas dan tanggung jawab dari pekerjaan yang harus dipenuhi. Meski demikian, role profile juga dapat diperbarui dengan tambahan tugas baru.

Praktik terbaik dalam perencanaan adalah melibatkan karyawan secara aktif. Keterlibatan ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan dengan siklus kinerja, memberikan persepsi keadilan, serta memotivasi karyawan untuk meningkatkan performa mereka.

Rencana kinerja karyawan juga harus fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan sasaran dan kondisi yang terus berubah. Perencanaan harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat waktu.

Pemantauan

Bagian kedua dari siklus manajemen kinerja ini melacak secara aktif tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Pemantauan melibatkan pengukuran kinerja yang berkelanjutan dan memberikan umpan balik untuk kemajuan. 

Melalui pemantauan terus menerus, manajer mengoreksi kinerja karyawan yang kurang optimal. Manajer dapat memberikan saran dan masukan untuk perbaikan. Kuncinya, mengetahui kekurangan lebih awal jauh lebih baik daripada terlambat.

Penting untuk diingat bahwa seorang manajer harus menghindari manajemen mikro yang mengendalikan karyawan secara penuh. Ketika membawahi karyawan profesional, sebaiknya manajer fokus melihat apakah tujuan tercapai dan bukan bagaimana tujuan itu dicapai.

Pengembangan

Hasil dari pemantauan aktif terhadap kinerja karyawan akan menunjukkan bagian-bagian yang perlu peningkatan. Kinerja yang kurang baik harus diperbaiki, sedangkan kinerja yang unggul dapat ditingkatkan lagi untuk memberikan tantangan baru bagi karyawan.

Hal ini dapat dicapai melalui pelatihan dan pengembangan, termasuk coaching. Namun, memberikan tugas yang menantang dan peluang bagi karyawan untuk terus tumbuh, juga dapat menjadikan mereka berkembang dan menjadi lebih profesional. 

Penilaian dan penghargaan

Penilaian karyawan merupakan bagian akhir dari siklus manajemen kinerja. Sementara itu, penilaian kinerja dibutuhkan untuk mengukur kontribusi dan menentukan nilai tambah karyawan bagi organisasi. Evaluasi kinerja biasanya dilakukan selama penilaian kinerja tahunan.

Karyawan yang memiliki kinerja unggul harus diberi pengakuan dan penghargaan terhadap pencapaian tersebut. Caranya bisa dengan memberi mereka pujian, kenaikan gaji, cuti tambahan, promosi, dan imbalan dalam bentuk lain.

Sebaliknya, karyawan yang memiliki kinerja di bawah standar secara terus menerus mungkin tidak berada dalam fungsi atau organisasi yang tepat. Untuk itu, HR dan manajemen dapat mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan hubungan kerja.

Gunakan jasa rekrutmen mumpuni untuk dapatkan kandidat berkualitas

Untuk mendapatkan karyawan yang memiliki kinerja unggul secara konsisten, Anda bisa memulainya dari proses rekrutmen. Anda dapat mencoba jasa rekrutmen TalentHunt guna mendapatkan karyawan yang tepat

Layanan dari Glints ini memiliki database yang besar, lebih dari 100.000 top talent dengan beragam keahlian yang siap Anda rekrut. TalentHunt menggabungkan rekrutmen berbasis teknologi Machine Learning AI dan tim perekrut spesialis yang berpengalaman. 

Kami hanya membutuhkan waktu maksimal 3 minggu untuk memberikan Anda rekomendasi top talent yang paling tepat dengan job description peran yang Anda butuhkan. Anda mewawancarai kandidat untuk menilai mereka sebelum memutuskan merekrut untuk tim Anda.

Glints memberikan jaminan 90 hari penggantian kandidat tanpa biaya apabila karyawan yang kami rekomendasikan tidak cocok untuk peran yang Anda berikan. 

Jika ingin merekrut sendiri, Anda dapat memanfaatkan layanan gratis aplikasi lowongan kerja Glints. Pasang iklan lowongan kerja Anda tanpa biaya dan tanpa batas di https://employers.glints.id. Temukan kandidat yang Anda cari di antara ratusan ribu pencari kerja yang mengunjungi job portal Glints.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *