5 Contoh Reward Karyawan di Tengah Pandemi4 min read

5 Contoh Reward Karyawan di Tengah Pandemi
©️ Pexels

 

Ketika pandemi COVID-19 memaksa banyak perusahaan menerapkan teleworking sebagai upaya memutus rantai wabah, bekerja dari rumah mungkin merupakan pengalaman menyenangkan bagi karyawan sebulan pertama. Namun, seiring berjalannya waktu, situasi work from home (WFH) bisa menyebabkan frustrasi akibat jam kerja yang terasa lebih panjang dan batasan yang semakin ‘kabur’ antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. 

Hal ini pun dibuktikan oleh NordVPN, penyedia layanan virtual private network bagi lebih dari 10.000 perusahaan di dunia, yang meneliti data yang terkirim melalui server untuk menghitung jam kerja karyawan. Mereka menemukan karyawan rata-rata bekerja lebih lama 2–3 jam sehari saat WFH selama pandemi.

Dengan jam kerja yang lebih lama, seharusnya perusahaan juga memberikan kompensasi sebagai bentuk apresiasi untuk menjaga motivasi karyawan di tengah masa sulit akibat krisis.

Berikut ini lima jenis reward karyawan yang bisa Anda berikan selama pandemi COVID-19. 

Menambah cuti berbayar

Tak bisa dipungkiri, WFH mengikis batas antara kehidupan pribadi dan pekerjaan karyawan. Jika Anda tidak bisa menghitung kelebihan jam kerja harian di rumah sebagai lembur, Anda dapat memberikan kompensasi berupa waktu libur.

Tambahkan cuti berbayar sehari dalam setiap bulan, terutama untuk jenis industri dengan tekanan kerja yang tinggi. Atur jadwal libur bergilir sehingga karyawan yang cuti tidak menumpuk di satu hari yang dapat mengganggu produktivitas harian.

Bantuan suplai logistik kesehatan

Reward karyawan juga dapat diberikan dalam bentuk benefit yang paling dibutuhkan pekerja Anda saat ini. Selama pandemi, produk kesehatan menjadi kebutuhan pokok dan sempat langka di pasaran. Kalaupun suplai sudah normal, harganya juga tak kembali seperti semula.

Anda bisa menunjukkan kepedulian perusahaan terhadap kesehatan karyawan dengan membantu menyediakan dan mengirim logistik kesehatan, seperti masker, vitamin, disinfektan, dan hand sanitizer. Mungkin Anda telah memberikan asuransi kesehatan karyawan, tetapi semua jenis asuransi hanya menanggung biaya pengobatan, tidak mencakup pencegahan penyakit.

Tunjangan kuota data/internet

Satu lagi reward karyawan yang bermanfaat adalah kuota internet. Selain produk kesehatan, internet juga menjadi biaya yang tak terhindarkan selama pandemi. Kebutuhan kuota data melonjak untuk WFH dan sekolah daring anak. 

Karyawan yang telah berlangganan provider terpaksa harus menaikkan bandwidth, misalnya dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps agar koneksi untuk video call lebih lancar saat orang tua dan anak-anak menggunakan jaringan internet bersamaan. Ada juga karyawan yang membeli kuota tambahan untuk mencukupi kebutuhan internet di rumah. 

Dengan memberikan tunjangan internet, Anda telah membantu meringankan biaya hidup bulanan karyawan.

Apresiasi secara online

Reward karyawan berikutnya adalah apresiasi. Namun, karena tatap muka masih belum memungkinkan, Anda dapat memberikan apresiasi kepada karyawan secara online. Sapa mereka secara langsung, kemudian berikan pujian dan ucapan terima kasih saat menggelar video conference dalam meeting besar perusahaan.

Cara lainnya adalah membuat konten visual atau video di media sosial dan memberikan apresiasi kepada tim Anda. Mention setiap anggota tim untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai pentingnya kontribusi mereka.

Pelatihan online

Karyawan Anda ingin berkembang dan menguasai keterampilan baru, sehingga mereka butuh program pengembangan dan pelatihan. Dengan memberikan pelatihan online, Anda tidak hanya meningkatkan skill mereka tetapi juga mendorong kinerja tim dan organisasi lebih baik.

Berinvestasi pada pengembangan karyawan menunjukkan Anda tidak hanya menganggap mereka sebagai tenaga kerja, tetapi juga sebagai talent yang punya tujuan dalam karier mereka. Artinya Anda membantu mereka untuk tumbuh dan menyelaraskan tujuan individual dengan tujuan organisasi.

Manfaatkan layanan headhunter untuk kebutuhan rekrutmen Anda

Merancang reward dan benefit membutuhkan strategi HR agar kebijakan ini tepat, bermanfaat, dan berdampak positif pada engagement karyawan, mengingat imbalan yang paling baik adalah yang paling dibutuhkan oleh karyawan. Untuk lebih fokus pada hal-hal strategis semacam itu, Anda dapat menyerahkan pekerjaan rekrutmen yang menguras waktu Anda kepada Glints TalentHunt.

Platform rekrutmen terbaik ini membantu Anda merekrut top talent secara efisien, dengan menghemat waktu dan biaya. Anda hanya butuh waktu 2–3 minggu dan hanya membayar biaya rekrutmen apabila memutuskan mempekerjakan kandidat yang kami rekomendasikan. Tidak ada biaya di depan maupun biaya pembatalan rekrutmen.

TalentHunt memiliki tim rekruter berdedikasi, teknologi rekrutmen berbasis AI, dan talent pool yang besar dengan lebih dari 130.000 top talent berpengalaman yang telah dikurasi di database. Kami hanya merekomendasikan kandidat yang paling tepat dengan deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang Anda tetapkan.

Layanan rekrutmen kami bergaransi 90 hari, sehingga lebih bebas risiko dibanding Anda merekrut sendiri. Apabila karyawan baru Anda tidak cocok atau tidak menunjukkan kinerja memuaskan, kami akan mencari penggantinya gratis untuk Anda.

TalentHunt adalah headhunter tepercaya. Lebih dari 30.000 perusahaan telah menggunakan layanan ini dan memberikan rating kepuasan 8/10. Anda juga dapat mencoba TalentHunt di https://talenthunt.glints.id.

(Penulis: Khairina)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.