5 Fase dalam Pengembangan Organisasi3 min read

5 Fase dalam Pengembangan Organisasi
©️ Pexels

 

Pengembangan organisasi atau Organizational Development (OD) merupakan praktik manajemen yang membantu organisasi mengembangkan kemampuan untuk berubah dan mencapai efektivitas yang lebih tinggi. Ini merupakan proses jangka panjang, yakni ketika perubahan dan perbaikan berlangsung terus menerus.

Tujuan pengembangan organisasi secara umum adalah membangun kapasitas perusahaan dalam memecahkan masalah, beradaptasi dengan perubahan, dan memiliki daya saing tinggi. Sedangkan sasaran pragmatis dari perubahan adalah peningkatan laba usaha, pangsa pasar, dan sebagainya.

Proses pengembangan organisasi dapat dibagi menjadi lima langkah, yang secara garis besar mengikuti siklus analitik normal. 

Deteksi masalah

Ini merupakan langkah awal, saat manajemen organisasi menghadapi masalah atau gejala dari persoalan yang lebih serius yang dapat mendorong perubahan. Contohnya perubahan eksternal, konflik di dalam organisasi, keluhan pelanggan, merosotnya profit, kurangnya inovasi, atau tingginya turnover karyawan. 

Manajemen organisasi berdiskusi dengan bagian OD internal perusahaan untuk membicarakan mengenai pengembangan perusahaan. Jika perusahaan menyewa konsultan OD, maka perlu membuat kontrak mengenai pekerjaan tersebut.

Menemukan diagnosis

Konsultan atau praktisi OD akan bekerja untuk memahami fungsi sistem organisasi saat ini. Mereka mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengenali masalah secara akurat. Metode yang dipakai bisa beragam, misalnya survei, wawancara, atau dengan melihat data yang tersedia saat ini kemudian mencari akar penyebabnya.

Diagnosis yang efektif memberikan pengetahuan sistematis tentang organisasi yang diperlukan untuk merancang intervensi yang sesuai. Model diagnosis menggunakan input-proses-output (IPO) di level organisasi, tim, dan individu.

Analisis data dan umpan balik

Pada tahap ini, data dikumpulkan dari berbagai sumber yang relevan untuk dianalisis. Pengumpulan data kerap memakan waktu, namun tetap penting dilakukan konsultan OD agar berhasil memahami masalah secara akurat. 

Selanjutnya, konsultan OD memberikan informasi kembali kepada manajemen perusahaan sebagai umpan balik untuk mendorong tindakan. Informasi harus relevan, mudah dipahami, deskriptif, dapat diverifikasi, dan komparatif. Teknik seperti storytelling dan visualisasi data dapat digunakan untuk penyampaian umpan balik yang efektif.

Merancang intervensi dan memimpin perubahan

Tahap selanjutnya adalah merancang intervensi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Selain itu, organisasi harus mampu menyerap perubahan secara efektif.

Bagian utama dari proses perubahan adalah mendefinisikan kriteria sukses untuk perubahan agar memudahkan pengukuran progres. Memimpin dan mengelola perubahan tidaklah mudah, sebab selalu ada risiko kegagalan perubahan organisasi.

Manajemen perubahan yang efektif harus dapat memotivasi perubahan, menciptakan visi, mengembangkan dukungan, mengelola transisi, dan mempertahankan momentum perubahan itu sendiri. 

Evaluasi dan pelembagaan perubahan

Manajemen perusahaan dapat mengevaluasi perubahan bertahap, terutama dari pengalaman karyawan. Salah satu cara mengukur perubahan yang efektif adalah dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah perubahan.

Setelah penerapan sistem baru, peluang untuk perbaikan biasanya mulai tampak. Evolusi ini terjadi secara konstan, sehingga membutuhkan implementasi yang konsisten dan terus menerus. 

Tingkatkan perekrutan SDM berkualitas untuk terus berkembang

Perusahaan yang terus berkembang dan lincah merespons perubahan umumnya juga memiliki SDM yang berkualitas. SDM yang unggul bukan hanya beradaptasi dengan perubahan, tetapi justru menjadi pendorong perubahan itu sendiri, misalnya melalui inovasi terus menerus.

Untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas, Anda perlu memiliki sistem rekrutmen yang efektif. Jika ini belum menjadi prioritas perusahaan, Anda bisa menggunakan layanan Glints TalentHunt untuk merekrut top talent yang tepat dengan posisi yang Anda butuhkan.

TalentHunt adalah proses rekrutmen yang efisien dengan menggabungkan tim spesialis profesional, teknologi Machine Learning AI, dan database top talent lebih dari 100.000 profil yang telah dikurasi. Tim kami merekomendasikan kandidat yang paling sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan kualifikasi untuk Anda wawancarai dalam waktu kurang dari 3 minggu.

TalentHunt tidak menarik biaya apabila Anda tidak menemukan profil yang Anda cari di antara kandidat yang kami rekomendasikan. Anda hanya membayar biaya rekrutmen apabila telah mendapatkan kandidat dan mulai mempekerjakannya.

Untuk melindungi Anda dari risiko salah rekrut, kami memberikan garansi 90 hari. Jika karyawan yang kami rekomendasikan tidak cocok dengan pekerjaan yang Anda berikan, maka tim kami akan merekrut penggantinya gratis untuk Anda.

Glints adalah aplikasi lowongan kerja yang menyediakan layanan posting iklan lowongan kerja gratis dan tanpa batas di https://employers.glints.id. Ini akan membantu Anda mengurangi biaya rekrutmen. Namun, dengan layanan job portal ini, Anda merekrut sendiri kandidat yang Anda inginkan.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *