5 Hal Ini Wajib Ada di Iklan Lowongan Kerja Perusahaan Anda4 min read

Jika ingin sukses merekrut kandidat terbaik untuk posisi terbuka di perusahaan Anda, kunci pertamanya ada di iklan lowongan kerja. Ibarat sebuah kail, iklan lowongan kerja harus dapat menarik perhatian para top talent di luar sana, bahkan seharusnya bisa menggoda mereka yang sudah bekerja di perusahaan lain untuk melamar.

Karena itu, tugas pertama HRD sebagai tim rekruter di perusahaan adalah membuat iklan lowongan kerja yang punya daya tarik kuat. Iklan tersebut menjadi kesan pertama kandidat terhadap perusahaan dan informasi di dalamnya dapat menggambarkan seperti apa calon tempat kerja mereka.

Iklan lowongan kerja yang jelas, detail, dengan kualifikasi dan tawaran kompensasi yang logis ikut membangun persepsi bahwa perusahaan Anda adalah tempat terbaik untuk bekerja. Sebaliknya, job vacancy yang membingungkan, kualifikasi yang melebihi deskripsi pekerjaan, syarat pengalaman yang tidak masuk akal, dan tawaran gaji yang tidak sesuai dengan beban tanggung jawab pekerjaan akan dilewatkan begitu saja oleh para kandidat potensial. 

Baca Juga: Infografis: 12 Recruitment Metrics di Era Recruitment 4.0

Agar efektif dan menarik, iklan lowongan kerja haruslah memuat informasi yang dapat menjawab pertanyaan mendasar dari pelamar mengenai jenis pekerjaan, tanggung jawab, beserta imbalan. Setidaknya ada lima hal yang wajib ada di dalamnya, yaitu:

Judul 

Judul iklan lowongan kerja menggambarkan jenis peran atau pekerjaan yang dicari perusahaan. Umumnya, judul ditulis paling atas dengan font yang tegas agar cepat dipahami oleh pelamar. Buatlah judul yang singkat dengan bahasa yang langsung merujuk ke peran dan hindari menggunakan kata yang tidak umum atau membingungkan.

Perlu dipahami bahwa kebanyakan pelamar saat ini mencari lowongan kerja dari job portal atau situs pencari kerja. Mereka gulung layar smartphone, lalu berhenti pada judul iklan lowongan kerja yang menarik sesuai dengan posisi yang diinginkan. Jadi, dua atau tiga kata pertama sangat menentukan untuk menarik kandidat potensial agar mengetuk layar dan meneruskan membaca iklan lowongan kerja Anda.

Deskripsi pekerjaan dan kualifikasi

Bagian ini merupakan inti dari iklan lowongan kerja. Berikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai deskripsi pekerjaan serta tanggung jawab dari peran yang Anda cari. Anda dapat menyusun dalam bentuk daftar tugas yang spesifik di dalam industri Anda. Cantumkan juga lokasi pekerjaan dan alamat kantor. 

Selanjutnya, jelaskan kualifikasi atau daftar persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pelamar, dari mulai tingkat pendidikan, keterampilan khusus, kompetensi, dan pengalaman kerja minimal. Jika ada persyaratan lainnya yang terkait, maka perlu juga disebutkan, misalnya sanggup melakukan perjalanan dinas dan sebagainya. 

Deskripsi pekerjaan yang baik harus dapat menjawab pertanyaan awal calon pelamar mengenai apakah mereka mampu dan sanggup melakukan peran tersebut ke depan. Ini akan membantu HRD menyeleksi lebih awal, karena hanya kandidat yang memenuhi kualifikasi saja yang akan melamar.

Kompensasi dan benefit

Tawaran kompensasi dan benefit sebagai imbalan pekerjaan wajib disebutkan dalam iklan lowongan kerja, sebab ini akan menjadi magnet yang menarik kandidat terbaik. Paket imbalan yang menggoda seringkali membuat karyawan di perusahaan lain memutuskan melamar dan berpindah kerja.

Kompensasi dan benefit dapat meliputi gaji, tunjangan makan dan transportasi, bonus, insentif, asuransi kesehatan, dana pensiun, tunjangan perumahan, serta manfaat non-finansial seperti cuti lebih banyak, jam kerja pendek, jenjang karier yang pasti, dan lingkungan kerja yang nyaman. Bagian ini dapat menjadi pembeda perusahaan Anda dengan kompetitor di industri yang sama. 

Informasi perusahaan

Iklan lowongan kerja yang baik seharusnya juga menjadi tempat membangun reputasi perusahaan atau employer branding. Anda dapat menyisipkan informasi singkat profil perusahaan Anda, termasuk visi dan misi, nilai, serta budaya organisasi yang berlaku. Tuliskan pula website perusahaan Anda agar pelamar dapat mencari informasi lebih lanjut.

Salah satu tips untuk menarik kandidat terbaik adalah mencantumkan informasi mengenai bagaimana rasanya bekerja di perusahaan Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan tautan video yang bercerita tentang pengalaman karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.

Informasi pengiriman aplikasi

Ini merupakan bagian kecil, tetapi cukup penting. Informasi pengiriman harus jelas menyebutkan ke mana lamaran kerja ditujukan dan kapan batas waktu terakhir aplikasi diterima. Hal lain yang kerap terlupakan adalah mencantumkan kontak, baik email atau nomor telepon kantor, yang dapat dihubungi pelamar. 

Memberikan saluran komunikasi yang responsif untuk pelamar dapat memberikan pengalaman positif bagi mereka sekaligus meningkatkan reputasi perusahaan. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat kandidat potensial tetap bersama Anda selama proses rekrutmen.

Jika telah memenuhi kelima hal pokok tersebut, pasang iklan lowongan kerja Anda di beberapa platform digital, seperti situs perusahaan, media sosial, dan job portal. Anda bisa menggunakan marketplace Glints untuk memasang iklan lowongan kerja gratis dan tak terbatas. Caranya mudah, cukup buat akun Glints, lalu posting iklan Anda.

Tetapi jika tak punya banyak waktu dan biaya untuk melakukan rekrutmen sendiri, Anda dapat menyerahkannya pada Glints TalentHunt. Beritahu apa peran yang Anda cari dan profil karyawan yang Anda ingin rekrut. Tim TalentHunt akan bekerja menyaring puluhan ribu top talent di database dan mendapatkan yang terbaik untuk organisasi Anda kurang dari 3 minggu.

Anda dapat mewawancarai kandidat di akhir proses sebelum memutuskan merekrutnya. Jika pada akhirnya memilih untuk mempekerjakan dan menempatkan kandidat sesuai posisi di iklan, Anda akan mendapatkan garansi 90 hari. Jika karyawan tersebut terbukti tidak cocok untuk peran barunya, Glints akan mencari kandidat pengganti gratis.

Pasang Iklan Lowongan Kerja - Rekrutmen Online - Job Portal | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.