5 Manfaat Online Assessment Tools bagi HR3 min read

5 Manfaat Online Assessment Tools bagi HR
©️ Unsplash

 

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, HR mulai beradaptasi dengan teknologi rekrutmen berbasis digital, termasuk penggunaan online assessment tools untuk menjalankan seleksi yang cepat, akurat, dan tanpa tatap muka. Penilaian online ini memberikan hasil yang lebih objektif, bebas bias, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Rekruter membuat keputusan untuk memilih kandidat berdasarkan kualitas yang diukur dengan data hasil penilaian, bukan berdasarkan faktor lain yang tidak relevan seperti jenis kelamin dan usia. Karena itulah, metode ini dapat mengoptimalkan proses rekrutmen untuk mendapatkan kandidat yang tepat.

Menggunakan online assessment tools lebih menghemat waktu dan biaya. Selain itu, platform penilaian online juga memungkinkan fleksibilitas karena dapat digunakan secara bersamaan untuk banyak kandidat di tempat berbeda.

Berikut ini lima manfaat menggunakan online assessment tools dalam proses rekrutmen karyawan.

Memudahkan penyaringan awal

Penilaian online memungkinkan rekruter melakukan penyaringan lebih baik melalui pemberian tes keterampilan. Ini akan menghindari proses seleksi yang hanya mengandalkan pada dokumen yang kurang memberikan gambaran nyata tentang kemampuan kandidat. 

Platform penilaian online membantu rekruter mengukur seberapa bagus kandidat dalam memahami dan menjalankan pekerjaannya. Selanjutnya, rekruter membuat keputusan apakah akan memasukkan mereka dalam shortlist atau tidak.

Memungkinkan pencocokan dengan budaya perusahaan

Sering kali perusahaan mencari karyawan yang memiliki kepribadian yang selaras dengan budaya organisasi ketimbang hanya berdasarkan kualifikasi. Keterampilan dan pengalaman yang sesuai peran tidaklah cukup, sebab karyawan ideal harus memiliki kecocokan dengan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, tanpa kecocokan budaya perusahaan, karyawan juga tidak akan bertahan lama.

Tes kepribadian online membantu rekruter untuk menilai karakter dan kepribadian kandidat, dan mencocokkannya dengan jenis peran yang dicari serta budaya kerja di perusahaan. Ada beberapa jenis tes kepribadian online, seperti 16Personalities, Big Five, dan Myers-Briggs Test.

Memudahkan penilaian secara spesifik

Online assessment tools pada umumnya menggunakan teknologi AI, serta dapat diatur dan disesuaikan untuk setiap jenis peran yang ingin direkrut. Dengan platform ini, rekruter dapat memberikan pertanyaan yang spesifik terkait pekerjaan untuk mendapatkan hasil penilaian yang akurat, misalnya pertanyaan untuk IT manager berbeda dengan pertanyaan sales manager.

Memberikan keputusan berbasis data

Sebagian rekruter mungkin sering menggunakan naluri yang bersifat subjektif dalam menilai seorang kandidat. Sayangnya, cara itu tidak selalu berjalan baik dan kerap menimbulkan bias dalam keputusan karena tidak menggunakan parameter yang terukur.

Tool penilaian ini jauh lebih baik dengan membantu rekruter mengambil keputusan berbasis data, di mana kandidat dapat dibandingkan secara objektif. Bukan hanya meningkatkan kualitas perekrutan, keputusan berbasis data juga meminimalkan perdebatan antar tim rekruter sendiri mengenai siapa yang paling layak untuk diberi kesempatan tawaran pekerjaan.

Membantu mengenali potensi dan kelemahan kandidat

Online assessment tidak hanya berguna pada saat rekrutmen, melainkan juga setelah rekruter memilih dan mempekerjakan karyawan baru. Tool penilaian tersebut menyediakan data profil kandidat yang memungkinkan HR mengidentifikasi potensi dan kelemahan karyawan. Ini berguna bagi perusahaan dalam menyediakan jenis pelatihan yang tepat untuk menutup celah yang menjadi titik lemah karyawan dan peningkatan skill yang dibutuhkan. 

Serahkan pada platform rekrutmen online untuk kebutuhan rekrutmen Anda

Selain penilaian online, cara yang lebih mudah dan efisien untuk merekrut kandidat hebat adalah menggunakan jasa headhunter yang memiliki resources yang besar, dari mulai tim spesialis, proses yang andal, dan dukungan talent pool, misalnya Glints TalentHunt.

Layanan headhunter ini memiliki tim spesialis berdedikasi dan teknologi screening berbasis AI yang bebas bias dan cepat dalam menyeleksi ribuan kandidat. Sumber perekrutan TalentHunt adalah database 130.000 top talent dengan berbagai pengalaman dan keterampilan yang telah dikurasi. 

Proses rekrutmen TalentHunt cepat dan efisien, kurang dari 3 minggu. Kami mempertemukan Anda dengan kandidat terbaik yang kami rekomendasikan, sehingga Anda dapat mewawancarai mereka sebelum membuat keputusan. 

Biaya rekrutmen TalentHunt hanya dibayar setelah Anda mendapatkan kandidat dan mempekerjakan mereka. Tidak ada biaya di depan. Jika tidak menemukan profil kandidat yang Anda cari, Anda boleh membatalkan rekrutmen tanpa perlu membayar biaya pembatalan. 

TalentHunt juga memberikan garansi 90 hari penggantian kandidat gratis apabila karyawan baru yang kami rekomendasikan tidak bekerja sesuai harapan Anda. Rekrut kandidat Anda di https://talenthunt.glints.id dan bergabunglah dengan lebih dari 30.000 perusahaan yang telah menjadi klien kami.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.