5 Tes Kepribadian Online untuk Merekrut Talenta Terbaik4 min read

Keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman profesional menjadi faktor utama yang diperhitungkan dalam mencari calon karyawan untuk mengisi posisi yang kosong, namun kepribadian merupakan faktor yang paling esensial. Karena itu, banyak perusahaan yang menerapkan tes kepribadian online dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Salah satu pertimbangan terpenting yang memengaruhi keputusan dalam merekrut karyawan adalah sejauh mana seorang kandidat cocok dengan nilai dan budaya perusahaan. Seorang kandidat bisa saja memiliki semua kualifikasi yang Anda butuhkan, tetapi jika mereka terbiasa dengan gaya kerja atau hierarki organisasi yang berbeda, kemungkinan mereka tidak akan cocok dengan peran baru di organisasi Anda.

Saat mencari kandidat, pastikan Anda menyiapkan profil jenis karyawan yang Anda inginkan. Setelah Anda menemukan beberapa yang potensial dan mengundang mereka untuk wawancara, Anda dapat meminta mereka mengikuti personality test untuk mengetahui apakah kandidat benar-benar cocok dengan perusahaan Anda.

Berikut ini lima tes kepribadian online yang dapat membantu Anda menilai kecocokan kandidat terhadap budaya perusahaan Anda.

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Tes ini menilai kandidat melalui serangkaian pertanyaan yang meminta mereka untuk memilih di antara dua jawaban. Tes MBTI versi Eropa memiliki 88 pertanyaan, sedangkan versi Amerika memiliki 93 pertanyaan. Hasil tes ini menentukan tipe kepribadian kandidat berdasarkan empat indikator:

  1. Bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain, Extrovert atau Introvert.
  2. Bagaimana mereka mengakses informasi, Sensing atau Intuition.
  3. Bagaimana mereka membuat keputusan, Thinking atau Feeling
  4. Bagaimana mereka menghadapi dunia, Judging atau Perceiving

Indikator di atas mengelompokkan individu ke dalam 16 tipe kepribadian, di mana masing-masing cocok untuk peran yang berbeda. Sebagai contoh, seorang kandidat yang memiliki tipe kepribadian ENFJ (Extrovert, Intuition, Feeling, Judging) cenderung cocok menjadi seorang pemimpin yang menginspirasi tim dan bekerja bersama mereka. 

Open-ended Questions

Tes kepribadian ini sebaiknya diajukan melalui pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara. Open-ended questions merupakan serangkaian pertanyaan terbuka yang memungkinkan kandidat punya ruang untuk menjawab dari hati dan melakukannya tanpa terlalu banyak berpikir akibat tekanan lingkungan wawancara. Beberapa contoh pertanyaan terbuka yang bisa Anda berikan kepada kandidat misalnya:

  1. Bagaimana teman Anda menggambarkan diri Anda?
  2. Bagaimana Anda menangani konflik di tempat kerja?
  3. Apa yang paling Anda sukai?
  4. Apakah Anda suka bersosialisasi di luar pekerjaan?
  5. Apa saja hobi Anda?

Pastikan untuk menyesuaikan pertanyaan dengan profil karyawan yang Anda cari. Misalnya, jika Anda menginginkan seorang pekerja serius tipe “menunduk” dalam bekerja, Anda sebaiknya mengabaikan kandidat yang berkepribadian sangat ramah atau suka menghabiskan banyak waktu untuk berbicara.

The Caliper Profile 

Tes ini meminta kandidat membaca sekumpulan pernyataan, kemudian memutuskan untuk memilih mana yang paling mereka setujui. Hasilnya menunjukkan ciri-ciri kepribadian utama terkait dengan keterampilan dalam lingkungan kerja, seperti empati, ketegasan, ketelitian, dan seterusnya.

Tes ini sangat bagus untuk mengetahui motivasi apa yang mendorong seseorang dan juga dapat memberi tahu Anda jenis peran apa yang cocok untuk mereka. 

Gallup’s StrengthsFinder Personality Test

Assessment ini mirip dengan Caliper Profile tetapi dengan satu perbedaan utama, yaitu tes kepribadian online ini fokus mengukur kekuatan dan penanda kesuksesan kandidat, bukan pada poin-poin negatif. Ada 34 kekuatan dan bakat yang diukur melalui tes ini, yang dikelompokkan dalam empat kuadran:

  1. Kuadran 1: Relating, yaitu mengukur kemampuan interpersonal dan hubungan dengan orang lain, di antaranya communication, empathy, harmony, dan responsibility.
  2. Kuadran 2: Impacting, yaitu mengukur kemampuan memengaruhi orang lain, seperti command, competition, dan positivity.
  3. Kuadran 3: Striving, yaitu mengukur kekuatan motivasi dan energi, yang antara lain meliputi adaptability, discipline, belief, dan focus.
  4. Kuadran 4: Thinking, yaitu mengukur kemampuan terkait dengan informasi dan persepsi, seperti analytical, consistency, futuristic, dan learner.

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui kekuatan dan bakat unik setiap kandidat, dan pada sisi apa mereka unggul. Ini akan membantu Anda menilai mana yang paling cocok dengan profil yang Anda cari.

Sixteen Personality Factor Questionnaire 

Tes kepribadian online yang juga disebut 16 Personality Factor ini mengidentifikasi 16 ciri kepribadian melalui 170 pertanyaan. Tes ini tidak berkaitan dengan istilah umum, melainkan langsung ke inti permasalahan dan menanyakan bagaimana Anda akan bereaksi terhadap situasi tertentu di tempat kerja. Ini akan memberi Anda gambaran apakah seorang kandidat akan menjadi karyawan yang dapat Anda andalkan atau tidak. 

Menilai kepribadian adalah proses yang rumit tetapi harus dikuasai jika Anda ingin menemukan bakat yang tepat untuk sebuah peran. Namun, sebelum memilih tes kepribadian, pastikan dulu Anda telah memperoleh sekumpulan kandidat yang berkualifikasi. 

Anda dapat menjaring kandidat melalui iklan lowongan kerja gratis tanpa batas di job portal Glints, dan selebihnya tim Anda sendiri yang menangani seluruh proses rekrutmen, dari mulai mengelola lamaran yang masuk hingga menyeleksi kandidat.

Tetapi jika Anda butuh mengisi posisi yang kosong di perusahaan dalam waktu mendesak, Glints TalentHunt dapat membantu Anda mencari top talent sesuai dengan kualifikasi yang Anda inginkan dalam waktu 2-3 minggu. Didukung oleh tim perekrut profesional dan berpengalaman, Glints TalentHunt akan menyaring peringkat teratas di antara ribuan top talent dan merekomendasikan yang paling cocok dengan kebutuhan di perusahaan Anda.

Anda dapat menilai kandidat saat wawancara dan berhak memutuskan untuk merekrut atau tidak. Tidak ada biaya pembatalan seandainya Anda tidak jadi merekrut kandidat. Anda hanya membayar fee perekrutan setelah benar-benar mempekerjakan kandidat yang direkomendasikan TalentHunt.

Masih belum yakin dengan kandidat yang direkrut? Tenang, Glints memberikan jaminan penggantian kandidat gratis jika dalam 90 hari Anda merasa bahwa karyawan baru tidak sesuai dengan profil yang Anda inginkan.

Pasang Iklan Lowongan Kerja - Rekrutmen Online - Job Portal | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.