6 Action Plan untuk Meningkatkan Leadership Skill Para Manager3 min read

Kepemimpinan yang efektif tidak hanya punya visi yang menginspirasi seluruh anggota tim, tetapi juga mampu mewujudkannya menjadi kenyataan. Karena itulah seorang pemimpin membutuhkan bekal leadership skill untuk menerjemahkan visi, mengeksekusi rencana, mendorong setiap anggota tim bergerak maju sebagai sebuah entitas bisnis untuk mencapai visi organisasi.

Leadership skill adalah bagian penting dalam mengelola organisasi bisnis, karena berhubungan dengan kemampuan memengaruhi dan memotivasi setiap anggota tim untuk berkontribusi. Keterampilan ini merupakan bagian dari soft skill, yaitu kecakapan non-teknis yang tidak dipelajari secara akademis, tetapi didapat dari pengalaman dan kebiasaan individual seorang manager

Selain itu, action plan berikut ini juga dapat membantu meningkatkan leadership skill:

 

Mulailah dengan tujuan 

 

Ketahui tentang apa saja yang perlu dilakukan seorang pemimpin. Kemudian, cari tahu skill atau kompetensi apa saja yang harus dikuasai untuk mencapai tujuan.

Berpikir tentang tujuan tidak hanya memberi energi untuk terus maju, tetapi juga membantu Anda untuk tetap fokus. Sehingga, Anda akan mencari cara-cara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan lebih cepat. 

 

Jujur terhadap kesenjangan 

 

Jujurlah kepada orang-orang tentang kesenjangan antara di mana mereka berada saat ini dan di mana mereka ingin berada. Kemudian, bantu mereka untuk mengembangkan rencana agar sampai ke tujuan dan memberikan umpan balik yang mendukung di sepanjang perjalanan.

Seorang pemimpin memberikan gambaran tentang keadaan sebenarnya, dan mendorong karyawan agar punya motivasi untuk tumbuh bersama mencapai tujuan mereka dan tujuan organisasi, bukan sekadar berorientasi pada tugas harian.

Baca Juga: Mengenal Budaya Kepemimpinan (Leadership) di Indonesia

 

Kembangkan kesempatan belajar real-time

 

Beri orang-orang kesempatan belajar dari situasi atau kejadian nyata. Untuk tumbuh, mereka membutuhkan tujuan dan tugas yang panjang.

Anda bukan sekadar mengatur, tetapi lebih penting lagi menginspirasi karyawan. Membuat mereka berkembang, naik level, dan terus belajar tentang hal baru merupakan sebuah cara yang efektif untuk melahirkan pemimpin-pemimpin baru. 

 

Sediakan umpan balik dan dukungan berkelanjutan

 

Umpan balik kelompok kecil cukup efektif dan konstruktif. Seorang pemimpin yang efektif akan terbuka terhadap kemungkinan-kemungkinan baru, sehingga tak ragu mendengarkan masukan dari anggota tim.

Sebuah tim merupakan gabungan dari orang-orang yang punya spesialisasi dan keahlian beragam. Terkadang, apa yang mereka berikan sebagai umpan balik bisa menjadi solusi kreatif.

 

Pastikan untuk merayakan keberhasilan

 

Akui dan berikan pujian atau ucapan selamat untuk menunjukkan bahwa Anda dan perusahaan menghargai setiap orang beserta kontribusi mereka. Apresiasi terkesan ringan dan sederhana, tetapi cara itu bisa menjadi bahan bakar untuk memotivasi tim agar terus bergerak maju, bahkan lebih cepat dan lebih dahsyat.

 

Jangan mudah merasa puas

 

Mulailah kembali siklusnya dengan tujuan dan sasaran baru untuk pertumbuhan dan perkembangan. Membuat sasaran baru yang lebih besar atau lebih tinggi adalah cara untuk menantang diri sendiri dan tim agar tidak berhenti, terus berkembang, dan terus tumbuh. Tanpa tujuan, sebuah organisasi tidak akan ke mana-mana.

Seorang pemimpin secara individu mungkin dapat secara efektif memecahkan masalah teknis yang sederhana. Tetapi, masalah saat ini cukup kompleks sehingga membutuhkan kerja sama individu dan kelompok beragam yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang unik dan spesial. 

Jadi, bukan pemimpin secara individu, melainkan kombinasi karyawan dan leadership yang mendorong perubahan efektif. Karena itu, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memastikan dirinya memiliki karyawan terbaik di setiap posisi agar mempercepat pencapaian tujuan.

Baca Juga: 10 Tips Rekrutmen Karyawan Saat New Normal

Beberapa job sites mungkin menyediakan kandidat terbaik yang Anda butuhkan. Anda mesti menyeleksinya sendiri dengan sumber daya yang Anda punya. Namun, ada cara lebih mudah menemukan top talent tanpa repot dengan Glints TalentHunt.

Glints TalentHunt dapat membantu Anda mencari karyawan terbaik untuk setiap peran di dalam organisasi perusahaan. Dengan database lebih dari 60.000 top talent, Glints memberikan pemeringkatan 3% teratas yang paling sesuai dengan job description dan kualifikasi yang Anda butuhkan.

Dengan tim perekrut andal yang dipercaya banyak perusahaan dengan dukungan teknologi artificial intelligence (AI) dalam seleksi kandidat, Glints TalentHunt memastikan hanya calon terbaik yang direkomendasikan untuk perusahaan Anda. Glints juga memberikan jaminan tiga bulan, apabila karyawan yang bersangkutan tidak cocok, dan akan memberikan penggantian kandidat gratis untuk Anda.

Recruitment Solution - Recruitment Platform - Job Portal - Aplikasi Lowongan Kerja - Iklan Lowongan Kerja | Glints Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.