7 Elemen dalam Rencana Strategis Perusahaan4 min read

7 Elemen Rencana Strategis Perusahaan
©️ Unsplash

 

Rencana strategis perusahaan adalah cetak biru mengenai arah dan tujuan organisasi bisnis. Para ahli perencanaan mengatakan bahwa menyusun strategic plan yang baik berarti menyelesaikan setengah dari pekerjaan penting. Setengahnya lagi adalah menjalankan rencana tersebut.

Setiap organisasi yang sukses tidak hanya memiliki kepemimpinan yang mampu menggambarkan mimpi besar dalam rencana strategis perusahaan, tetapi juga berani mengambil tindakan untuk mewujudkannya dengan sumber daya yang dimiliki sekalipun dalam keterbatasan. Tidak sedikit perusahaan raksasa global yang memulai bisnis dari sebuah garasi rumah.

Rencana strategis perusahaan memiliki tujuh elemen dasar, dari visi hingga rencana aksi. Berikut ini penjelasannya.

Pernyataan visi 

Yang dimaksud dengan pernyataan visi adalah bagaimana seorang pemimpin membayangkan bisnis di masa depan, ke mana ia akan membawa perusahaan, dan bagaimana gambarannya dalam lima atau sepuluh tahun kemudian. Visi ini harus ditekankan pada seluruh tim di organisasi sebagai tujuan yang harus dicapai.

Berikut ini contoh pernyataan visi sederhana Amazon.com: 

Menjadi perusahaan di dunia yang paling berorientasi pada pelanggan, tempat pelanggan menemukan apa pun yang ingin mereka beli secara online.

Tentu saja visi ini telah dikembangkan, karena pada awalnya Amazon hanya menjual buku, sebelum akhirnya menjadi toko online serba ada terbesar di dunia. Ada tiga karakteristik dari visi di atas yang ingin dicapai, yaitu perusahaan berjangkauan global, berorientasi pada pelanggan, dan pilihan produk yang luas.

Pernyataan misi

Selanjutnya, pernyataan misi menggambarkan upaya nyata perusahaan saat ini dalam mencapai visi yang dicita-citakan. Misi menjelaskan berbagai kebijakan perusahaan terhadap pelanggan dan stakeholder dan bagaimana melakukannya. 

Contoh pernyataan misi Amazon.com:

Kami berusaha keras untuk menawarkan pelanggan kami harga serendah mungkin, pilihan terbaik yang tersedia, dan kenyamanan maksimal.

Untuk mencapai visi, perusahaan yang didirikan Jeff Bezos tersebut fokus pada tiga tindakan dalam misi mereka, yaitu memberikan harga rendah, pilihan produk terbaik, dan kenyamanan berbelanja.

Nilai inti

Elemen ketiga adalah nilai inti, yaitu keyakinan atau budaya yang menggambarkan perilaku kepemimpinan dan orang-orang yang dipimpin di dalam perusahaan. Nilai inti memberi nyawa dan dorongan bagi organisasi dalam menjalankan misi untuk mencapai visi. 

Contoh nilai inti Amazon.com:

Customer obsession, yaitu menjaga agar pelanggan tetap berada di tengah dan di depan, di mana kebutuhan mereka adalah segalanya.

Long-term thinking, yaitu berorientasi jangka panjang untuk sampai pada momentum dan penerimaan pelanggan, bukan mencari keuntungan sesaat.

Eagerness to invent, yaitu mendorong kebiasaan untuk mencoba sesuatu yang baru dan tidak takut gagal.

Operational excellence, yaitu peningkatan pengalaman pelanggan berkelanjutan dan mendorong produktivitas, margin, efisiensi, dan kecepatan aset.

Analisis SWOT

SWOT merupakan pendekatan terhadap rencana strategis perusahaan dengan mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat). Analisis terhadap keempat faktor tersebut bisa dijadikan dasar bagi perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Strength dan weakness mengacu pada faktor internal seperti SDM, teknologi, finansial, dan pengalaman industri yang dimiliki perusahaan. Sedangkan opportunity dan threat merupakan faktor eksternal yang memengaruhi keberhasilan rencana, seperti pasar, tren industri, persaingan, dan peraturan pemerintah.

Tujuan jangka panjang

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tujuan jangka panjang, yang ditetapkan tiga atau lima tahun ke depan dan merupakan penerjemahan dari visi perusahaan. Jika visi perusahaan adalah menjadi perusahaan skala nasional, maka tujuan jangka panjangnya dapat dimulai dengan memperluas jangkauan pasar lokal dalam tiga tahun, kemudian meluas ke pasar regional dalam lima tahun, kemudian merambah beberapa pulau dalam tujuh atau delapan tahun, dan seterusnya.

Tujuan jangka pendek

Sebaliknya, tujuan jangka pendek dicapai perusahaan dalam satu tahun. Sasaran ini ditetapkan secara periodik, misalnya meningkatkan laba tahunan sekian persen, membuka kantor cabang, menambah pegawai, dan seterusnya. Sasaran jangka pendek ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan berorientasi waktu. Biasanya, perusahaan membagi tujuan tersebut dalam periode yang lebih pendek lagi, contohnya peningkatan penjualan pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga.

Rencana aksi

Rencana strategis perusahaan diterjemahkan ke dalam sasaran jangka panjang dan jangka pendek yang harus dicapai setiap departemen, lalu manajer departemen mendelegasikan tugas ke staf tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran tersebut. Elemen ini adalah bagian paling rinci dari rencana strategis perusahaan, yang berupa tugas-tugas harian setiap karyawan.

Rencana aksi bisa berjalan optimal apabila organisasi memiliki tim yang hebat. Sedangkan untuk membangun tim yang hebat dibutuhkan karyawan yang tepat di setiap perannya masing-masing. 

Kuatkan rencana strategis Anda dengan merekrut karyawan yang tepat

Untuk mencari kandidat yang tepat, Anda dapat menggunakan Glints TalentHunt. Platform rekrutmen ini membantu perusahaan merekrut top talent sesuai deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu. Dengan talent pool lebih dari 130.000 top talent yang telah dikurasi dan siap rekrut, kami punya sumber perekrutan yang lebih menjanjikan dibanding job portal.

Merekrut dengan TalentHunt lebih mudah dan tanpa biaya apa pun di awal, melalui platform https://talenthunt.glints.id. Kami memiliki tim berdedikasi dan teknologi rekrutmen berbasis algoritma AI yang dapat menyeleksi ribuan resume secara cepat dan bebas bias, lalu membuat pemeringkatan kandidat yang paling tepat menurut kriteria yang Anda inginkan. Kami hanya merekomendasikan kandidat terbaik untuk Anda untuk wawancarai. 

Tidak hanya membantu merekrut, TalentHunt juga turut memastikan Anda mendapat kandidat tepat. Karena itu, kami memberi jaminan 90 hari penggantian kandidat gratis jika Anda tidak puas dengan kinerja karyawan baru tersebut. Jadi, Anda tak perlu kehilangan biaya lagi.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.