8 Digital Leadership Skills yang Wajib Anda Miliki3 min read

8 Digital Leadership Skills yang Wajib Anda Miliki
©️ Unsplash

 

Untuk mewujudkan transformasi digital dan meraih keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis, pemimpin setidaknya harus memiliki digital leadership skills

Digital leadership sendiri adalah kepemimpinan strategis yang memanfaatkan aset digital perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan ini ditandai dengan penggunaan teknologi digital, pengambilan keputusan berbasis data, dan berorientasi pada inovasi dan pembaruan.

Berikut ini daftar keterampilan dasar yang dibutuhkan seorang digital leader. 

Komunikasi

Ini merupakan skill paling dasar dari seorang pemimpin, baik pemimpin tradisional maupun digital. Tetapi, dalam digital leadership, komunikasi menjadi sangat penting. 

Semakin terdigitalisasi sebuah organisasi, maka semakin rendah interaksi langsung antarorang, dan digantikan oleh komunikasi virtual. Untuk itu, seorang pemimpin harus memiliki keterampilan dalam menyampaikan pesan secara efektif ke seluruh anggota tim meski tanpa tatap muka.

Visi

Digital leader juga harus mampu merumuskan visi. Pemimpin tidak hanya menggambarkan tujuan bisnis, tetapi juga tak kalah penting memengaruhi setiap orang di dalam organisasi untuk memercayai bahwa mereka dapat mencapai visi tersebut dengan memanfaatkan teknologi digital.

Melek digital 

Kepemimpinan digital mensyaratkan pemahaman terhadap peran teknologi dalam mempercepat pencapaian tujuan, termasuk mengenali jenis teknologi apa saja yang mereka butuhkan. Mengadopsi proses kerja berbasis digital mungkin butuh adaptasi, apalagi jika perusahaan didominasi generasi tua. Tetapi, ini menjadi prasyarat dalam transformasi digital. 

Strategi 

Pemimpin digital harus memiliki strategi untuk menjalankan transformasi digital perusahaan, misalnya bagaimana mereka melibatkan proses dan budaya organisasi untuk membuat perubahan, dan peran apa yang perlu direkrut untuk terlibat dalam rencana digitalisasi. 

Inovasi 

Seorang digital leader menyukai inovasi, teknologi baru, dan selalu terbuka terhadap perubahan. Mereka perlu memiliki keterampilan dalam melihat sebuah masalah sebagai peluang untuk menjadi lebih kreatif dan dan mendorong inovasi. Pemimpin semacam ini juga memperhitungkan bahwa pasar selalu butuh produk dan layanan yang inovatif dan menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Pengambilan risiko 

Digital leadership skill ini juga tak kalah penting. Pemimpin digital harus punya keterampilan mengambil risiko dari setiap keputusan. Bukan sekadar keberanian, seorang leader yang baik juga dapat memperhitungkan dan mengendalikan setiap risiko, bukan mempertaruhkan seluruh bisnis untuk mewujudkan ambisinya.

Daya adaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah salah satu digital leadership skill untuk sukses. Dalam dunia yang bergerak cepat, kemampuan beradaptasi sangat penting untuk membuat bisnis tetap tumbuh dan memiliki daya saing, serta tidak kehilangan pelanggan. Di sini peran teknologi menjadi sangat besar untuk mendukung adaptasi dan perubahan.

Pengenalan bakat

Pemimpin perlu mengenali bakat-bakat digital yang memiliki potensi untuk berkembang dan berkontribusi dalam membangun proses kerja berbasis digital yang efisien dan memiliki keunggulan kompetitif. Pemimpin digital juga perlu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan mereka, serta memberikan pelatihan yang tepat untuk perbaikan dan peningkatan kinerja.

Cara efektif merekrut bakat-bakat digital yang sesuai kebutuhan Anda

Bakat-bakat digital atau digital talent yang berkualitas dapat Anda temukan dengan menggunakan headhunter Glints TalentHunt. Lebih dari 130.000 top talent ada di database kami dengan berbagai pengalaman, yang sebagian besar adalah milenial dan Generasi Z yang melek digital dan menyukai bekerja dengan menggunakan teknologi.

Merekrut digital talent di https://talenthunt.glints.id lebih efektif dan efisien. Tidak ada biaya di depan. Anda hanya dikenai biaya rekrutmen (cost per hire) setelah Anda mendapatkan kandidat di antara yang kami rekomendasikan.

Proses kami hanya butuh waktu 2-3 minggu. Tim kami menyeleksi kandidat dengan teknologi AI yang cepat dan bebas bias, kemudian merekomendasikan beberapa kandidat terbaik untuk Anda wawancarai sebelum Anda membuat keputusan.

TalentHunt merupakan layanan rekrutmen yang bebas risiko. Kami memberikan garansi 90 hari penggantian kandidat gratis apabila karyawan baru yang kami rekomendasikan tidak menunjukkan kinerja yang memuaskan.

TalentHunt adalah layanan rekrutmen tepercaya. Lebih dari 30.000 perusahaan telah menggunakan platform ini untuk merekrut top talent, dengan tingkat kepuasan 8/10.

(Penulis: Khairina)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.