8 Hal yang Harus Diukur dari Recruitment Event4 min read

8 Hal yang Harus Dianalisis dari Recruitment Event
© Pexels

 

Recruitment event merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran rekrutmen yang dilakukan perusahaan untuk menjangkau bakat-bakat baru sekaligus membangun talent pool

Lewat acara semacam ini, perusahaan punya kesempatan untuk bertemu langsung dengan calon target pemasaran, mempromosikan employer brand untuk menarik kandidat terbaik, dan membangun hubungan dan keterlibatan dengan mereka dalam jangka panjang.

Program recruitment event bisa dilakukan melalui seminar karier, job fair, konferensi yang melibatkan perusahaan sebagai penyelenggara maupun sponsor, dan lainnya. Tidak selalu berkaitan dengan pengisian lowongan kerja saat ini, Anda dapat membuka pengumpulan resume pencari kerja dan menyeleksinya untuk membuat database berdasarkan proyeksi peran di perusahaan Anda ke depan.

Hal-hal yang harus diukur dari recruitment event

Lalu, bagaimana cara mengukur efektivitas dari recruitment event? Ada delapan metrik rekrutmen yang perlu dianalisis untuk mengetahui sejauh mana pengaruh acara tersebut terhadap proses perekrutan di perusahaan Anda.

Tingkat kehadiran

Mulailah dengan menghitung rasio jumlah peserta yang hadir terhadap jumlah undangan yang Anda kirim dan berbalas. Metrik ini mengukur seberapa efektif acara Anda menjangkau kandidat dan seberapa kuat Anda bisa menarik pencari kerja berbakat. Tips: tambah angka kehadiran dengan cara mengirimkan email pengingat ke setiap undangan beberapa hari sebelum acara digelar.

Online traffic

Jika Anda mempromosikan acara secara online, Anda dapat mengukur traffic dengan cara melacak pengunjung konten Anda. Ini akan memberi gambaran berapa banyak orang yang melihat konten tersebut, serta sejauh mana keterlibatan sosial dan interaksi mereka, misalnya berapa yang menyukai, memberikan komentar, dan membagikan konten Anda. Traffic yang tinggi merupakan indikasi acara Anda menarik bagi pencari kerja.

Pengalaman kandidat

Gunakan alat survei untuk menghitung Net Promoter Score (NPS) agar dapat diubah menjadi metrik yang terukur. Survei dapat Anda lakukan setelah acara atau saat kandidat mengirimkan lamaran kerja, dengan fokus pada pertanyaan sejauh mana acara tersebut bermanfaat atau membantu peserta menemukan pekerjaan, dan apakah mereka akan merekomendasikan acara tersebut kepada orang lain.

Tingkat konversi

Metrik ini mengukur dampak dari acara tersebut dalam memberi dorongan para peserta untuk melamar pekerjaan, baik saat atau setelah acara. Secara sederhana, ini merupakan rasio antara peserta yang melamar kerja di perusahaan Anda dengan jumlah peserta hadir di recruitment event Anda. 

Tingkat penerimaan tawaran

Metrik ini mengukur seberapa banyak pelamar kerja yang Anda jaring dari acara tersebut menerima tawaran pekerjaan dari perusahaan Anda. Jika tingkat penerimaan kerja tinggi, berarti acara Anda efektif menarik kandidat berkualitas hingga jadi karyawan perusahaan. Bandingkan juga metrik ini dengan tingkat penerimaan kerja secara keseluruhan di perusahaan Anda untuk tahu persentase karyawan dari sumber recruitment event.

Waktu untuk mengisi peran

Metrik ini untuk mengetahui apakah acara Anda berpengaruh terhadap waktu pengisian sebuah peran di perusahaan. Jika acara tersebut membuat perusahaan Anda lebih cepat mendapatkan karyawan untuk sebuah posisi terbuka dibanding jika tidak melalui acara tersebut, maka event itu membantu tujuan pemasaran rekrutmen Anda.

Corong perekrutan 

Anda dapat mengukur corong perekrutan mana yang paling tepat bagi Anda dengan melacak dari mana peserta acara tersebut datang. Beberapa mungkin dari talent pool Anda, job boards, pengikut akun media sosial perusahaan, referensi karyawan, atau dari saluran lain. Saluran perekrutan yang efektif bukan yang memberikan banyak pelamar, tapi yang memberikan paling banyak kandidat yang menerima tawaran pekerjaan Anda. 

Biaya acara

Sejauh mana acara perekrutan itu mendatangkan keuntungan bagi perusahaan? Anda dapat mengukurnya dengan return of investment (ROI) dengan menghitung biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan nilai keuntungan bisnis yang diperoleh perusahaan. Acara yang berhasil harus bisa menarik kandidat berbakat jadi karyawan hebat yang memberi kontribusi bagi perusahaan.

Selain dari recruitment event, Anda juga dapat menarik kandidat berbakat secara efisien melalui platform rekrutmen Glints. Tak perlu risau dengan pengukuran metrik waktu dan biaya, karena Glints memiliki layanan TalentHunt yang akan membantu Anda merekrut top talent hanya dalam waktu 2–3 minggu dengan cost per hire yang terjangkau dan bergaransi.

Kami memiliki tim berdedikasi, teknologi AI yang andal, dan lebih dari 100.000 top talent, yang memungkinkan proses perekrutan menjadi cepat. Kami hanya merekomendasikan kandidat teratas yang paling sesuai dengan kriteria Anda.

Jika dalam 90 hari Anda menemukan kandidat yang kami rekomendasikan tidak tepat, maka kami akan mencari kandidat pengganti gratis. Anda tak perlu khawatir kehilangan karyawan dan kehilangan biaya rekrutmen.

Di job portal Glints, Anda juga dapat memasang iklan lowongan kerja gratis dan tanpa batas. Caranya mudah, buat akun gratis di https://employers.glints.id dan posting iklan Anda. Lalu, siapkan tim perekrut Anda untuk menangani lamaran yang masuk.

Platform Rekrutmen Headhunter Job Portal Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.