CEO Cariilmu: Glints Membantu Saya Membangun Tim yang Tepat2 min read

CEO Cariilmu Berbagi Bagaimana Glints Membantunya Membangun Tim yang Tepat Lebih Cepat-min

Bagi pemain startup baru, untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang tepat dan berkualitas merupakan sebuah tantangan besar.

Apabila hanya menunggu kandidat tersebut datang melamar kerja, proses rekrutmen perusahaan akan memakan waktu yang lama. Sehingga perusahaan bisa kehilangan daya saing untuk mendapatkan kandidat terbaik.

Kejadian tersebut pernah dialami oleh Cariilmu, sebuah startup edukasi teknologi yang didirikan pada tahun 2018 dan berfokus pada pendidikan kejuruan.

Muhammad Irsan sebagai Chief Executive Officer (CEO) dari Cariilmu menceritakan bahwa pengalaman rekrutmen tersebut terjadi saat Cariilmu belum diketahui banyak orang dan belum memiliki website, sehingga hanya 50% dari target kandidat yang datang melamar.

Membangun tim lebih cepat dengan bantuan platform rekrutmen

Sejak terpilih menjadi mitra pelatihan resmi Kartu Prakerja, Cariilmu tumbuh dengan pesat di Indonesia. Hingga saat ini, Cariilmu telah membantu peserta Prakerja melalui pelatihan online yang interaktif dengan 10 pilihan kategori kelas.

Menyadari peningkatan pertumbuhan perusahaan, kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas juga meningkat.

Muhammad Irsan mengatakan bahwa kondisi urgensi Cariilmu untuk merekrut kandidat tidak dapat dipenuhi dengan kemampuan internal perusahaan. Sehingga diputuskan untuk menggunakan bantuan rekrutmen eksternal, dalam hal ini adalah Glints TalentHunt.

Cariilmu sendiri mencari kandidat fresh graduate yang masih mau belajar dan berkembang dengan pengalaman kerja kurang dari dua tahun, baik posisi teknis maupun non-teknis.

Sebelum menggunakan Glints TalentHunt, mayoritas pelamar kerja adalah kandidat yang mencari posisi magang. Hal ini menyulitkan Cariilmu karena tidak sesuai dengan kebutuhannya akan kandidat untuk posisi permanen dan kontrak.

Cariilmu memutuskan menggunakan Glints TalentHunt dan hasilnya…

Menggunakan jasa Glints TalentHunt sejak April 2020, Glints mampu memenuhi talenta yang dibutuhkan oleh Cariilmu. Hingga saat ini, kandidat tersebut menunjukkan kinerja yang baik dan sesuai dengan kualifikasi yang dicari.

Dari pengalaman CEO Cariilmu merekrut kandidat dengan Glints TalentHunt, kelebihan Glints dibanding platform rekrutmen lainnya adalah:

Mendapatkan shortlisted kandidat lebih mudah dan cepat

Sebagai pengguna Glints TalentHunt, Cariilmu mendapatkan rekruter terdedikasi untuk mencari kandidat yang tepat dari 1,5 juta database kandidat aktif di Glints. 

Tidak hanya itu, proses rekrutmen semakin cepat karena Cariilmu hanya perlu datang mewawancarai kandidat terpilih tanpa harus mengatur waktu wawancara dengan setiap kandidat.

Jika kandidat tidak sesuai, ada jaminan penggantian kandidat

Hal ini tidak ditemukan di platform rekrutmen lain. Glints TalentHunt memberikan jaminan penggantian kandidat apabila dalam waktu tiga bulan probation kandidat tidak sesuai dengan kebutuhan Cariilmu.

Tidak hanya memberikan solusi, namun juga edukasi

Irsan menjelaskan bahwa saat mencari kandidat yang tepat di Glints, ada sebuah proses pembelajaran bagi kedua belah pihak. Sehingga kandidat yang diberikan dapat memenuhi setiap kualifikasi yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, Irsan menambahkan,

“Selain memberikan solusi, Glints juga mengedukasi saya dan tim dengan memberikan e-book employer branding secara gratis”.

Secara keseluruhan, Muhammad Irsan mengatakan bahwa Cariilmu sangat puas dengan layanan Glints TalentHunt. Biaya yang dikeluarkan sepadan dengan yang Cariilmu butuhkan, dan tentunya membantu Irsan membangun tim yang tepat lebih cepat.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.