Fungsi Manajemen SDM di Perusahaan4 min read

Fungsi Manajemen SDM di Perusahaan
©️ Unsplash

 

Manajemen SDM, yang juga disebut human resource management atau human capital management, merupakan peran HRD yang berhubungan dengan pengelolaan tenaga kerja sebagai penggerak utama aktivitas bisnis dalam mencapai tujuan organisasi. 

Pada intinya, manajemen SDM adalah praktik mengelola orang-orang di dalam perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Pengelolaan tenaga kerja yang optimal menjadi prasyarat bagi sebuah industri untuk maju dan berkembang. 

Manajemen SDM meliputi beberapa fungsi dasar berikut ini:

Rekrutmen dan seleksi

Rekrutmen dan seleksi merupakan fungsi pokok dari manajemen ketenagakerjaan. HRD adalah divisi yang bertanggung jawab merekrut karyawan lainnya untuk mengisi peran di seluruh departemen di dalam organisasi. 

Rekrutmen dimulai ketika manajemen di perusahaan mengirimkan deskripsi pekerjaan ke HR untuk jenis pekerjaan baru atau peran yang sudah ada. HRD bertugas mendesain dan menjalankan proses rekrutmen yang efektif, melalui serangkaian tahap seleksi, seperti screening, wawancara, skill test, psychological test, pemeriksaan referensi, dan sebagainya.

Fungsi rekrutmen tidaklah sederhana dan mudah, sebab HRD harus menemukan karyawan terbaik dan paling tepat sesuai kebutuhan peran. Di luar menilai keterampilan dan pengalaman kerja, HRD juga harus memastikan kandidat punya kecocokan dengan budaya perusahaan. 

Mengelola kinerja dan evaluasi

Setelah perekrutan, manajemen kinerja menjadi pekerjaan penting lainnya. Fungsi ini melibatkan strategi untuk membantu karyawan bekerja lebih baik, mencapai target yang diharapkan, dan memberikan kontribusi bagi kemajuan organisasi.

Setiap karyawan memiliki daftar tanggung jawab yang perlu mereka jalankan. Manajemen kinerja memantau, mengevaluasi, dan memberikan umpan balik atas kinerja karyawan, dengan tujuan untuk meningkatkan pencapaian karyawan. Evaluasi dilakukan dengan instrumen penilaian yang terukur, adil, dan objektif.

Perusahaan melakukan manajemen kinerja dalam siklus tahunan yang mencakup planning, monitoring, reviewing, dan rewarding. Melalui siklus ini, karyawan dikelompokkan berdasarkan hasil evaluasi: berkinerja tinggi dan berkinerja rendah.

Pelatihan dan pengembangan

Dari hasil evaluasi, HR menyoroti karyawan berkinerja rendah. Jika masalahnya pada penguasaan keterampilan dan kompetensi, pelatihan dan pengembangan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja menyamai karyawan lainnya. Ini adalah fungsi dasar manajemen SDM selanjutnya.  

Pelatihan dan pengembangan juga diberikan kepada karyawan pada umumnya, terutama untuk jenis peran yang membutuhkan keterampilan baru. Melalui fungsi ini, HR mengubah trainee menjadi karyawan terampil, karyawan terampil menjadi karyawan berpengalaman, dan karyawan berpengalaman menjadi tenaga kerja ahli.

Dengan demikian, pelatihan dan pengembangan berperan memberikan kesempatan kepada karyawan berkembang sesuai tujuan karier mereka dan pada saat yang sama juga mendorong pencapaian tujuan organisasi.

Perencanaan suksesi 

Pelatihan dan pengembangan juga dapat diarahkan untuk mengasah soft skill, misalnya kepemimpinan. Ini merupakan pekerjaan penting untuk menyiapkan suksesi di dalam organisasi.

Perencanaan suksesi adalah fungsi dasar manajemen SDM yang vital. HRD perlu melakukan pembinaan calon-calon pemimpin dan merencanakan penggantian jabatan untuk peran kunci di perusahaan, baik untuk posisi yang ditinggalkan karena resign maupun pensiun. 

Suksesi yang mulus menjadi prasyarat untuk menjaga kinerja dan produktivitas tim. Misalnya, saat senior manager berhenti, HR sudah memiliki calon yang paling tepat untuk mengisinya, sehingga tidak akan menimbulkan kekosongan kepemimpinan tim.

Selain secara internal, HR juga dapat memelihara saluran bakat eksternal. Saluran bakat berguna dalam menyediakan kandidat yang dibutuhkan untuk penggantian jabatan di masa depan apabila organisasi kekurangan SDM yang tepat untuk peran tertentu.

Kompensasi dan benefit

Fungsi dasar dari manajemen SDM lainnya adalah mengelola sistem imbalan kerja, yaitu kompensasi dan benefit. Kompensasi yang menarik penting bagi perusahaan untuk memotivasi karyawan, namun kompensasi yang adil juga perlu untuk mempertahankan karyawan terbaik.

Sistem kompensasi adil tidak hanya memberikan kepuasan dan kesejahteraan karyawan, tetapi juga dapat meningkatkan retensi. Karena itu, HR bertugas merancang sistem pemberian imbalan yang memuaskan, termasuk memberikan penghargaan kepada mereka yang berkinerja tinggi. 

Kompensasi dan benefit dikelompokkan dalam manfaat finansial, seperti gaji, tunjangan, bonus, dan non-finansial, misalnya asuransi, cuti tambahan, jam kerja fleksibel, fasilitas kendaraan kantor, dan sebagainya. Keduanya sama-sama dibutuhkan karyawan.

Pastikan proses rekrutmen di perusahaan efektif guna dapatkan SDM berkualitas

Dari lima fungsi dasar manajemen SDM di atas, rekrutmen dan seleksi menjadi awal yang menentukan. Rekrutmen yang efektif akan menghasilkan karyawan yang tepat, dan sebaliknya rekrutmen yang tidak efektif menghasilkan orang yang salah.

Anda dapat menggunakan jasa rekrutmen Glints TalentHunt untuk mendapatkan karyawan yang tepat. TalentHunt membantu perusahaan merekrut top talent untuk peran yang Anda cari secara efisien dan efektif.

TalentHunt memiliki tim perekrut berdedikasi, teknologi rekrutmen berbasis machine learning yang andal, database lebih dari 100.000 top talent, dan garansi 90 hari untuk penggantian kandidat apabila kinerjanya tidak memuaskan. 

Dengan cost per hire terjangkau yang hanya dibayarkan saat Anda mempekerjakan kandidat, TalentHunt lebih hemat biaya dibandingkan Anda merekrut sendiri, yang hasilnya belum tentu memuaskan.

Aplikasi lowongan kerja Glints juga menyediakan job portal bagi Anda yang ingin merekrut karyawan sendiri. Masuk ke laman https://employers.glints.id dan unggah iklan Anda di sini gratis dan tanpa batas. Lalu, temukan kandidat yang Anda cari di antara lamaran yang masuk.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.