5 Alasan Kebijakan Rekrutmen Penting Dimiliki Perusahaan3 min read

5 Alasan Kebijakan Rekrutmen Penting Dimiliki Perusahaan | Glints
Sumber: Pexels

Kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan dapat memudahkan perusahaan mendapatkan talenta terbaik. Hal ini juga membantu proses perekrutan berjalan profesional.

Proses rekrutmen bisa menjadi rangkaian yang menguras waktu, tenaga, dan pikiran bagi perusahaan mana pun. Pada kenyataannya, untuk merekrut satu kandidat, bisa jadi dibutuhkan waktu berbulan-bulan. Memiliki kebijakan rekrutmen yang ideal dapat membantu perusahaan memiliki proses seleksi karyawan yang efektif.

Pentingnya memiliki kebijakan rekrutmen

Kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan adalah panduan yang merangkum prinsip-prinsip utama mengenai penyelenggaraan proses perekrutan. Dokumen ini sangat penting demi mendapatkan kandidat yang sesuai dengan budaya dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Memiliki kebijakan seleksi karyawan yang baik dapat membantu menurunkan angka turnover karyawan dan memudahkan pencarian kandidat yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Mempekerjakan orang yang tepat dapat mendukung perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya memiliki kebijakan kebijakan dalam merekrut kandidat:

1. Transparansi dalam proses perekrutan

Tujuan utama memiliki kebijakan perekrutan perusahaan adalah untuk memastikan segala prosedur yang berkaitan dilakukan secara terbuka dan adil. Transparansi akan membantu HR menemukan kandidat yang tepat sesuai yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, transparansi di sini juga berarti perusahaan selalu memberikan informasi terbaru mengenai status lamaran pada pelamar. Hal ini membantu para kandidat mendapat kejelasan, sekaligus mencegah talenta terbaik “hilang” karena ketidaktahuan mereka.

2. Keadilan bagi calon karyawan

Prosedur seleksi karyawan yang jelas membantu memastikan proses perekrutan berjalan dengan adil, dan tanpa diskriminasi. Setiap kandidat idealnya diproses berdasarkan kemampuan dan kesesuaiannya dengan peran yang ditawarkan, alih-alih latar belakang suku, agama, atau ras.

Kebijakan perekrutan juga membantu menjaga informasi pribadi pelamar disebarluaskan kepada mereka yang tidak berhubungan langsung.

3. Memastikan konsistensi

Kebijakan rekrutmen idealnya menjadi dasar untuk bertindak konsisten dalam setiap tahapan yang dijalankan. Untuk melakukannya, perlu ditetapkan sebuah standar perekrutan pada tahap awal.

Misalnya, Anda bisa menetapkan untuk melakukan riset singkat mengenai profil kandidat sebelum membuat janji untuk wawancara. Hal ini membantu Anda benar-benar yakin untuk meminta kesediaan kandidat meluangkan waktunya menjalani proses seleksi.

Dengan begitu, nama perusahaan pun akan tetap baik di mata para pencari kerja.

4. Membangun kredibilitas perusahaan

Prosedur rekrutmen yang jelas dan konsisten juga turut membangun kredibilitas perusahaan di mata pencari kerja. Pada masa sekarang, banyak penipuan yang mengatasnamakan perusahaan berkedok lowongan pekerjaan.

Hal tersebut tentu membuat para kandidat menjadi lebih selektif dan waspada dalam menyambut sebuah tawaran pekerjaan. Itu sebabnya, perlu prosedur yang profesional dan konsisten dijalankan. Maka, para pelamar menjadi lebih yakin mengenai posisi dan perusahan yang akan dilamar.

5. Membantu merumuskan deskripsi pekerjaan

Memiliki kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan yang baik dapat membantu perusahaan dalam merumuskan deskripsi pekerjaan dengan tepat.

Job description bisa disebut sebagai salah satu esensi utama dalam keseluruhan proses hiring. Beberapa hal yang perlu dijabarkan mencakup tugas utama dan pendukung yang akan dijalankan kandidat sesuai dengan perannya.

Menemukan kandidat terbaik melalui platform rekrutmen online

Kebijakan rekrutmen dan seleksi karyawan menjadi gerbang awal perusahaan untuk mendapatkan talenta terbaik. Untuk itu, Glints TalentHunt siap membantu Anda menemukan talenta-talenta terbaik.

Dengan tingkat kepuasan 8/10, Glints TalentHunt telah membantu 30.000 lebih perusahaan menemukan talenta terbaik.

Anda hanya cukup menuju https://talenthunt.glints.id, tim spesialis kami akan membantu Anda mengakses 130.000 lebih profil terbaik yang telah dikurasi dan siap direkrut. Dibekali metode penyaringan berbasis AI, tim spesialis kami dapat membantu Anda menemukan kandidat yang tepat dalam kurun waktu dua minggu.

Tak perlu khawatir akan biaya, karena Anda tidak akan dibebankan biaya apa pun sampai mendapatkan kandidat yang tepat, yang dibayarkan pada hari pertama karyawan bekerja. 

Anda juga mendapatkan garansi 90 hari penggantian gratis, bila karyawan yang kami rekomendasikan tidak cocok dengan peran yang Anda tawarkan.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.