5 Keuntungan Aplikasi Rekrutmen Karyawan Online bagi Perusahaan3 min read

Sebelum sistem cloud computing berkembang, aplikasi rekrutmen karyawan yang sering digunakan oleh perusahaan adalah sistem on-premise, di mana perusahaan wajib melakukan instalasi dan pemeliharaan server secara berkala. Namun, di tengah kemajuan teknologi sekarang ini, perusahaan mulai bergeser melakukan proses rekrutmen menggunakan sistem cloud computing.

Menurut International Data Corporation (IDC), sebuah lembaga penelitian dan konsultasi dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa 60-70% software dan teknologi diproyeksi akan berbasis cloud pada 2020. Hal ini juga berdampak bagi dunia rekrutmen. Sistem on-premise dengan menyimpan informasi kandidat dalam satu server dianggap telah menjadi usang dan kurang efektif dalam menarik top talent.

Setidaknya ada lima keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan aplikasi rekrutmen karyawan berbasis cloud. Selain itu, dengan beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi akan meningkatkan competitive advantage perusahaan kamu dalam war of talent. Berikut lima keuntungan dari recruitment online:

  1. Proses Rekrutmen Lebih Efektif

    Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh HR adalah waktu merekrut yang lama. Sistem rekrutmen berbasis cloud merampingkan proses rekrutmen, mulai dari kemudahan memposting lowongan kerja di job portal hingga menyaring kandidat sesuai kebutuhan perusahaan secara otomatis menggunakan Artificial Intelligence (AI).

  2. Bisa Diakses Kapan Saja dan Di Mana Saja

    Kelebihan utama dari sistem cloud adalah accessible. Pengguna sistem ini dapat mengakses datanya kapan saja dan di mana saja selama tersedianya jaringan internet. Sehingga, dalam melakukan hiring process kamu tidak terbatas mengaksesnya hanya di kantor saja, kamu dapat melakukannya sekalipun sedang pergi dinas ke luar kota.

    Baca Juga: E-book: Survei Penerapan Kebijakan HR Saat Pandemi COVID-19

  3. Mengurangi Biaya Rekrutmen (Hiring Cost)

    Seperti yang telah diketahui, sistem on-promise membutuhkan biaya instalasi saat di awal memasang server dan pemeliharaan (maintenance cost) secara berkala walaupun server sedang tidak digunakan. Berbeda dengan rekrutmen online berbasis cloud, kamu hanya mengeluarkan biaya sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, melalui job portal online, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mempromosikan lowongan kerja yang tersedia di perusahaan kamu. Sangat membantu kamu yang baru saja merintis bisnis dalam mencari top talent, bukan?

  4. Status Aplikasi Kandidat Otomatis Terupdate oleh Sistem

    Keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan yaitu, efisiensi waktu dalam menginformasikan status aplikasi kandidat, sistem akan mengupdatenya secara otomatis setiap kali kamu melakukan perubahan pada status pelamar kerja. Hal ini akan meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja. Selain itu, menurut penelitian dari Workplace Trends, 80% pencari kerja tidak tertarik dengan melamar ke perusahaan yang tidak menginformasikan status lamaran kerjanya. Nah loh, kamu akan makin susah untuk win the talent war kalau seperti ini.

  5. Meningkatkan Kualitas Pelamar Kerja

    Dari semua keuntungan yang ada, tentunya tujuan akhir proses rekrutmen adalah mendapatkan kandidat yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan job portal online, beban pekerjaan administrasi akan berkurang, sehingga kamu akan lebih fokus dan berkonsentrasi dalam mengidentifikasi kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kamu juga akan mendapatkan laporan terperinci terkait pelamar kerja untuk mempermudah kamu dalam mengevaluasi kandidat, apakah akan dilanjutkan ke proses berikutnya atau tidak.

Aplikasi rekrutmen karyawan online memberikan keuntungan besar bagi perusahaan, tidak hanya perusahaan yang baru berkembang, namun juga perusahaan yang sudah mapan. Aplikasi lowongan kerja dari Glints TalentHunt bisa menjadi solusi kamu dalam merekrut top talent. Kamu akan mendapatkan rekomendasi kandidat terbaik dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan memposting lowongan kerja secara gratis, tanpa batas. Yuk, coba Glints sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.