Pentingnya Prosedur Seleksi Karyawan yang Terstruktur3 min read

Pentingnya Prosedur Seleksi Karyawan yang Terstruktur | Glints
Sumber: Pexels

Dalam bisnis, organisasi dibentuk dari manusia dan bakat yang mereka miliki. Maka, bisa dikatakan kesuksesan sebuah organisasi itu bergantung pada seberapa baik kualitas karyawannya. 

Prosedur seleksi karyawan adalah cara organisasi mengenali dan menyatukan karyawan-karyawan dengan bakat terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. 

Dengan melakukan hal tersebut, organisasi atau perusahaan akan jadi lebih siap menghadapi segala tantangan di pasar. 

Inilah sebabnya prosedur seleksi karyawan, atau sederhananya proses rekrutmen, harus direncanakan secara strategis dan dilakukan dengan formal atau terstruktur. 

Apa itu prosedur seleksi karyawan?

Prosedur seleksi karyawan adalah proses pencarian kandidat untuk dites dan diwawancarai, untuk kemudian ditempatkan pada posisi tertentu dalam sebuah perusahaan.  

Menurut BBC, penting untuk melakukan prosedur seleksi karyawan dengan struktur yang jelas. Tahapan-tahapannya bisa disimpulkan sebagai berikut:

  1. Kenali kebutuhan perusahaan akan suatu posisi/peran
  2. Analisis posisi/peran tersebut, misalnya apakah memang harus merekrut orang luar atau bisa merekrut dari internal perusahaan
  3. Siapkan deskripsi pekerjaannya
  4. Buat profil kandidat yang ideal 
  5. Sebarkan lowongan pekerjaannya
  6. Kumpulkan semua lamaran kerja yang masuk
  7. Urutkan kandidat dan pisahkan mana yang paling cocok dalam sebuah daftar kandidat terpilih (shortlist)
  8. Berikan tes kerja (entah itu tes skill, kepribadian, maupun keduanya) dan wawancara kandidat
  9. Cari referensi untuk menambah gambaran soal kandidat tersebut dan memastikan semua informasi terkait dirinya sudah sesuai
  10. Sampaikan hasil proses rekrutmen tersebut pada kandidat 

Pentingnya prosedur seleksi karyawan yang terstruktur

Tujuan utama dari prosedur seleksi karyawan adalah menempatkan karyawan yang tepat dalam posisi yang tepat di sebuah perusahaan lewat proses rekrutmen yang tertata, transparan, dan adil. 

Selain bisa membantu mencapai tujuan utama tersebut, prosedur ini juga penting dan bisa memberikan manfaat lebih bagi organisasi lewat:

  • Membangun citra perusahaan sebagai employer. Ketika sebuah perusahaan mulai merekrut, masyarakat umum, pasar, dan kandidat yang berpotensi akan mulai memperhatikan perusahaan. 
  • Mengurangi risiko turnover sekaligus untuk meningkatkan semangat dan motivasi karyawan. Ketika sebuah organisasi merekrut talent yang tepat, hasil akhirnya adalah sekelompok tenaga kerja yang puas melakukan pekerjaan mereka. 
  • Menarik perhatian kandidat-kandidat berpotensi. Pasalnya, proses rekrutmen yang terencana dan terstruktur mencakup metode mencari kandidat yang paling berkualitas.
  • Lebih cepat mendapatkan kandidat. Prosedur seleksi karyawan yang dirancang sebaik mungkin akan lebih cepat memenuhi lowongan dalam perusahaan. Karenanya, interupsi dalam produksi atau operasional perusahaan karena kekurangan manpower bisa diminimalisir atau dikendalikan. 
  • Kesuksesan sebuah perusahaan terjamin dengan karyawan-karyawan dan tim terbaik, di mana semua orang merasa puas dengan pekerjaan yang bermakna bagi mereka. 

Solusi proses rekrutmen yang lebih cepat dan terstruktur

Untuk memastikan agar proses seleksi karyawan berjalan sebaik mungkin, platform rekrutmen Glints TalentHunt bisa menjadi solusi.

Dengan Glints TalentHunt, menyeleksi karyawan jadi mudah dan terstruktur karena tim rekruter kami berdedikasi untuk melakukan screening dan kurasi top talent dari 1,5 juta kandidat berpotensi dengan bantuan teknologi berbasis AI. 

Untuk mulai merekrut dengan TalentHunt, klik https://talenthunt.glints.id. Konsultasikan dengan tim kami secara gratis posisi yang ingin direkrut, deskripsi pekerjaan, dan kriteria yang diharapkan. 

Anda hanya akan membayar setelah sukses merekrut kandidatnya, yakni pada saat hari pertama mereka bergabung di perusahaan Anda. 

TalentHunt menawarkan garansi 90 hari. Bila kinerja karyawan yang kami rekomendasikan tidak memuaskan, rekruter kami akan mencari penggantinya dari platform rekrutmen kami secara gratis.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.