Panduan Membuat Company Profile untuk Menarik Kandidat5 min read

Panduan Membuat Company Profile untuk Menarik Lebih Banyak Kandidat

Company profile dapat menjadi salah satu sarana untuk menarik kandidat yang tepat. Saat ini, menemukan kandidat yang tepat adalah perjalanan panjang sebabnya persaingan untuk mendapatkan kandidat semakin ketat. 

Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang bahkan kesulitan untuk menemukan kandidat dalam proses sourcing atau sering juga disebut memiliki dry pipeline.

Jika di tahap awal, tidak banyak kandidat yang masuk tentu untuk proses seleksi selanjutnya akan menjadi lebih berat. 

Salah satu sebabnya adalah perusahaan belum banyak dikenal oleh kandidat. Beberapa hal dapat dilakukan untuk menyiasatinya misalnya, intensifikasi upaya employer branding, memperluas sasaran talent pool termasuk membuat company profile yang lebih menarik.

Company profile mungkin adalah tujuan pertama kandidat mencari tahu perusahaan apa yang dilamar setelah melihat iklan di portal pencarian kerja. Oleh karena itu, company profile mesti menyediakan informasi penting yang dibutuhkan kandidat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas:

  • Penyebab lowongan sepi pelamar
  • Bagaimana membuat company profile yang baik dapat menarik lebih banyak kandidat
  • Contoh company profile yang menarik

Penyebab lowongan sepi pelamar

Sebagai rekruter maupun pengusaha, mungkin Anda juga menyadari bahwa untuk mendapatkan kandidat yang tepat saat ini semakin sulit. Persaingan untuk memenangkan mereka semakin sengit. 

Apalagi untuk startup yang baru memulai melakukan rekrutmen. Persaingan dengan startup lain yang menawarkan gaji dan benefit lebih tinggi ditambah kurangnya sumber daya di daerah domisili semakin menyulitkan.

Namun demikian, ada beberapa faktor yang dapat dicek untuk memastikan perusahaan Anda menarik di mata kandidat:

Dimulai dari employer branding

Employer branding ibaratnya adalah pintu masuk yang dapat memperkenalkan kandidat kepada perusahaan. Hal ini termasuk reputasi perusahaan, kemudahan mendapatkan informasi melalui situs resmi perusahaan, media sosial hingga profil yang tertulis di portal pencarian kerja. 

Baca juga: 6 Contoh Employer Branding Inspiratif untuk Startup

Deskripsi pekerjaan

Hal ini juga bisa jadi merupakan faktor mengapa tidak banyak kandidat yang melamar. Mungkin Anda menuliskan deskripsi pekerjaan yang ambigu, menggabungkan berbagai peran dalam satu posisi atau bahkan syarat yang dituliskan tidak berhubungan dengan posisi yang dibuka. 

Strategi sourcing yang digunakan

Tujuan dari membuat strategi talent pipeline bukan hanya supaya lebih mudah mengisi posisi yang kosong. Lebih jauh, strategi ini ditujukan untuk meningkatkan engagement dengan kandidat dan kemungkinan konversi. 

Misalnya selama ini, hanya mengandalkan kandidat dari luar mungkin bisa juga melihat peluang lain seperti rekrutmen internal maupun membuka kesempatan magang

Bagaimana membuat company profile yang baik dapat menarik lebih banyak kandidat

Strategi membuat atau memperbaiki company profile merupakan bagian dari meningkatkan employer branding perusahaan. 

Dalam company profile merupakan perkenalan produk, jasa bahkan nilai dan misi perusahaan kepada pemirsanya. Oleh karena itu, penjelasan ini tidak berhenti pada etalase produk semata namun menjelaskan mengapa mereka menjualnya. 

Company profile yang baik akan menarik kandidat yang tepat, mereka yang memiliki misi sama dengan Anda karena dari sini terbaca apa yang membedakan perusahaan Anda dengan kompetitor. 

Selain itu, company profile juga dapat menjadi titik berangkat Anda untuk membangun reputasi perusahaan. 

Menurut Hubspot, beberapa hal di bawah ini dapat menjadi checklist yang Anda gunakan sebelum membuat company profile:

  • Fokus untuk melihat perusahaan Anda dari perspektif helikopter
  • Di bagian awal, tuliskan informasi lebih penting terlebih dulu seperti nama perusahaan, lokasi perusahaan, dan tanggal berdirinya
  • Anda dapat mempertimbangkan memasukkan tanggal-tanggal penting yang menandai pertumbuhan bisnis
  • Jangan lupa sertakan, nilai dan misi yang diemban perusahaan Anda mungkin dapat dimulai dari mengapa Anda memutuskan mendirikan perusahaan ini pada awalnya
  • Menambahkan unsur grafis seperti infografis, foto anggota tim, senyum pelanggan yang puas atau bahkan video dapat disesuaikan dengan target pemirsa
  • Tambahkan statistik untuk mendukung klaim yang Anda buat. 

Contoh company profile yang menarik

Beberapa contoh company profile baik dari perusahaan dalam dan luar negeri berikut ini mungkin dapat menjadi inspirasi untuk membuat satu untuk perusahaan Anda sendiri. 

Company profile bukan hanya penting untuk di situs resmi perusahaan, namun juga untuk media sosial dan profil perusahaan di portal iklan lowongan kerja. Hal ini akan membantu kandidat mengenal perusahaan Anda. 

Company profile Adorable Project

Dalam profil perusahaannya, Adorable Projects bukan hanya menceritakan apa yang dijual namun juga nilai yang diusungnya dengan pengrajin lokal dengan harga yang bersaing. Selain itu, Adorable Projects juga menceritakan proses bisnisnya menjadi seperti sekarang ini.

Company Profile Brodo

Brodo menggunakan pendekatan yang lebih personal untuk menuliskan profil perusahaannya. Dimulai dari masalah apa yang diselesaikan melalui produk mereka. Hal ini yang kemudian menjadi misi perusahaan.

Baik Adorable Projects maupun Brodo sama-sama menjual sepatu namun cerita di balik produk mereka membedakan siapa pangsa pasarnya. Hal ini yang tergambarkan dari profil perusahaan keduanya. Bukan hanya menentukan pangsa pasar, profil perusahaan juga mempengaruhi siapa kandidat yang melamar.


Kembangkan talent pool untuk rekrutmen bersama Glints

Artikel di atas dipersembahkan oleh Glints for Employers, mitra rekrutmen terpercaya untuk startup dan perusahaan di Asia Tenggara dan Taiwan. Lebih cepat dan hemat, pakar kami yang dibekali dengan teknologi siap membantu Anda terhubung dengan talenta terbaik di sekitar Anda.

Temukan layanan lengkap kami untuk mulai membangun tim yang berkualitas hari ini.

Konsultasikan kebutuhan rekrutmen Anda GRATIS!