7 Kelebihan Sistem HRIS untuk Pengelolaan SDM4 min read

7 Kelebihan Sistem HRIS untuk Pengelolaan SDM | Glints
Sumber: Pexels

Sistem HRIS (human resource information system) sederhananya adalah kombinasi teknologi HR dan teknologi informasi melalui sebuah software HR. Sistem ini memungkinkan segala proses dan aktivitas HR terjadi secara elektronik. 

Aktivitas yang bisa dilakukan dengan sistem ini sangat luas, misalnya saja pengelolaan SDM dasar, akuntansi, hingga pembayaran gaji (payroll). Bedanya dengan sistem HR pada umumnya, sistem HRIS biasanya hanya membutuhkan sumber daya lebih sedikit.

Kelebihan sistem HRIS dalam pengelolaan SDM 

Pengelolaan SDM merupakan aspek krusial bagi bisnis. Idealnya, mengelola SDM akan mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengembangan karyawan. Hal-hal tersebut dapat berdampak langsung bagi operasional dan kinerja perusahaan. 

Maka dari itu, mengelola SDM dengan sistem HRIS akan sangat membantu tak cuma bagian HR, tapi juga seluruh perusahaan. 

Apa saja tepatnya kelebihan pengelolaan SDM dengan sistem HRIS? 

1. Meningkatkan produktivitas

Saat seorang karyawan harus resign, kepanikan dapat muncul di dalam tim. Mereka berusaha mengambil alih semua pekerjaan yang tadinya menjadi tanggung jawab karyawan tersebut, sampai ada penggantinya yang sudah dilatih dan beradaptasi dengan seluruh proses dalam tim. 

Sistem HRIS memudahkan perusahaan untuk merekrut, melatih, dan memantau perkembangan karyawan baru secepat mungkin supaya ia bisa memenuhi ekspektasi perannya secepat mungkin. 

Onboarding yang lebih efektif dan pelatihan yang efisien akan meningkatkan produktivitas karyawan baru serta karyawan lainnya dalam tim. Hal ini juga bisa menurunkan tingkat turnover sehingga waktu dan tenaga anggota tim bisa dialokasikan untuk hal-hal yang lebih penting dan berdampak bagi tujuan perusahaan.   

2. Menawarkan insights penting

Analytics yang canggih memungkinkan perusahaan untuk menentukan strategi bisnis dan pengelolaan SDM berdasarkan data karyawan. 

Ya, data karyawan bisa menawarkan insights penting seperti kebiasaan dan tren dalam perusahaan yang dapat dianalisis secara mendalam. 

Ini akan jadi basis bagi manajemen untuk mengambil keputusan penting terkait SDM yang tentunya sesuai dengan kebutuhan para SDM itu sendiri. 

3. Menghemat sumber daya

Dengan sistem HRIS, perusahaan bisa menghemat sumber daya. Baik dari segi tenaga ahli yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugas HR, vendor, maupun tools manual. Sistem HRIS mengintegrasi berbagai tools, proses, dan aktivitas secara efektif. 

Penghematan sumber daya pun berdampak pada biaya yang biasanya dikeluarkan untuk hal-hal tersebut. Perusahaan pun bisa mengalokasikan biaya misalnya untuk melatih karyawan yang dampaknya lebih besar pada bisnis.

4. Membantu perencanaan karier karyawan

Dengan informasi yang jelas dan rapi, misalnya siapa saja karyawan yang ada di posisi tertentu dan sudah berapa mereka lama bekerja, sistem HRIS dapat menunjang perkembangan dan perencanaan karier karyawan.

Misalnya memprediksi jenjang karier seorang karyawan atau mempersiapkan penerus untuk posisi penting tertentu sejak awal.

5. Mengurangi risiko kesalahan atau keteledoran

Pengelolaan SDM yang baik membutuhkan data yang selalu diperbarui dan tentunya akurat. HRIS dapat membantu hal ini dengan menyimpan data-data karyawan dalam sistem yang terorganisir. 

Sistem ini juga bisa melakukan automasi untuk tugas-tugas tertentu yang membutuhkan ketelitian ekstra seperti payroll. Dengan demikian, sistem HRIS bisa membantu mengurangi risiko kesalahan yang terjadi akibat pekerjaan yang dilakukan secara manual. 

6. Memetakan keahlian dan merencanakan pelatihan

Mencatat skill karyawan dalam sebuah database yang komprehensif juga merupakan salah satu keunggulan mengelola SDM dengan HRIS. 

Perusahaan bisa melihat apakah karyawannya memang sudah dibekali dengan skill yang relevan atau belum, sekaligus melihat potensi ke depannya. 

Bagian HR juga jadi lebih mudah memetakan pelatihan apa yang paling dibutuhkan oleh karyawan berdasarkan database tersebut. 

7. Mempercepat tugas dan memastikan semua on time

Dalam urusan HR, amat banyak dokumen dan formulir yang harus diselesaikan tepat waktu, disimpan di tempat yang sesuai, di-review oleh manajer, dan lainnya. Semua prosesnya memakan waktu.  

Pengelolaan SDM dengan sistem HRIS akan lebih cepat dan mudah karena proses automasi. Tim dari HR hanya perlu melakukan tugas-tugas paling penting. Selain itu, sistem ini juga sudah mengatur kapan saja tenggat waktu untuk tiap-tiap tugas dan akan ada pengingatnya. 

Selain pengelolaan SDM, perekrutan kandidat juga ada sistem mudahnya

Agar tim HR lebih efektif, perekrutan kandidat untuk memenuhi posisi dan peran-peran dalam organisasi juga dapat dilakukan dengan mudah.

Tak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu, tenaga, dan sumber daya. Apalagi kalau harus menyaring ratusan resume yang masuk setiap harinya demi mencari kandidat terbaik. 

Dengan platform rekrutmen online Glints TalentHunt, temukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan hanya dalam waktu 2 minggu. Kandidat sudah disaring terlebih dahulu oleh tim perekrut kami yang menggunakan teknologi screening berbasis kecerdasan buatan. 

Kabar baiknya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya setelah dapat kandidatnya. Bila kinerja karyawan yang kami rekomendasikan tidak memuaskan, tim kami akan mencari penggantinya untuk tim Anda secara gratis dengan program garansi 90 hari.

Untuk mulai merekrut dengan TalentHunt, klik https://talenthunt.glints.id. Konsultasikan dengan tim kami secara gratis posisi yang ingin direkrut, beserta deskripsi pekerjaan dan kriteria yang diharapkan.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.