Pentingnya Manajemen Tenaga Kerja di Perusahaan3 min read

Pentingnya Manajemen Tenaga Kerja di Perusahaan
©️ Pexels

 

Peran HR sangat vital dan menentukan kualitas tenaga kerja di setiap perusahaan. HR menjalankan peran manajemen tenaga kerja di perusahaan, sebuah peran dengan tanggung jawab yang cukup luas. Manajemen tenaga kerja adalah upaya mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi. 

Manajemen SDM bukan sekadar mengurus hal-hal administratif sehari-hari seperti absensi, cuti, dan penilaian kinerja, melainkan serangkaian tugas panjang dari mulai menyusun rencana ketenagakerjaan, melakukan perekrutan, menempatkan karyawan, mempertahankan karyawan melalui kompensasi, hingga merancang strategi pengembangan kualitas karyawan.

Setidaknya ada 7 fungsi manajemen SDM, yaitu:

  1. Staffing, berkaitan dengan pengaturan keanggotaan, termasuk perekrutan.
  2. Evaluasi, berkaitan penilaian kinerja tenaga kerja.
  3. Kompensasi, berkaitan dengan pemberian paket imbalan yang memuaskan.
  4. Pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas karyawan.
  5. Hubungan karyawan, berkaitan dengan peran menjembatani perusahaan dengan karyawan atau serikat pekerja.
  6. Pendalaman masalah, berkaitan dengan penelitian dan pencarian masalah ketenagakerjaan di perusahaan.
  7. Kesehatan dan keselamatan kerja, berkaitan dengan upaya perlindungan karyawan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman.

Mengapa manajemen tenaga kerja penting bagi setiap perusahaan?

Manusia adalah aset perusahaan paling berharga, yang apabila tidak dikelola dan dikembangkan, maka akan menyulitkan organisasi untuk berkembang dan mencapai tujuan. 

Meningkatkan profit perusahaan

Manajemen tenaga kerja merupakan cara untuk meningkatkan kualitas karyawan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. Karyawan yang berkualitas dan berkinerja tinggi akan mendorong kinerja perusahaan secara keseluruhan, dan pada akhirnya meningkatkan profit perusahaan.

Karena itu, pekerjaan HR juga termasuk mengembangkan mereka melalui pelatihan dan pengembangan diri. Selain membantu mereka lebih maju, mengelola SDM secara tepat juga merupakan investasi untuk menyiapkan kebutuhan suksesi kepemimpinan organisasi di masa depan yang lebih baik.

Mendorong daya saing perusahaan

Manajemen tenaga kerja akan menghasilkan karyawan yang terampil, gesit, dan andal sehingga dapat bekerja secara efisien. Proses kerja yang efisien akan menurunkan biaya perusahaan. Mengapa demikian?

Pekerja yang terampil dan efisien dapat menyelesaikan tugas hariannya lebih cepat dan tidak menyisakan pekerjaan untuk diselesaikan melalui lembur. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk membayar upah lembur.

Dengan menghemat waktu dan biaya dalam proses kerja, maka perusahaan akan memiliki daya saing (competitiveness) yang lebih tinggi. 

Mempercepat pencapaian tujuan organisasi

Kompensasi yang menarik dan perlindungan tenaga kerja yang layak akan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Selanjutnya, kesejahteraan karyawan akan menaikkan level kebahagiaan karyawan dalam bekerja di perusahaan.

Tingkat kebahagiaan karyawan berkorelasi positif dengan tingkat produktivitas, sehingga semakin bahagia karyawan menjadi bagian dari perusahaan, maka akan semakin produktif dalam bekerja. Karyawan yang produktif akan bekerja melebihi target dan memudahkan perusahaan mencapai visinya.

Trik tingkatkan kualitas SDM di perusahaan

Fungsi manajemen tenaga kerja diawali dari staffing, yang di dalamnya mencakup rekrutmen karyawan. HR dapat mencari tenaga kerja di berbagai saluran, termasuk di job portal.

Salah satu job portal yang menyediakan bakat-bakat muda dengan beragam keterampilan adalah Glints. Ratusan ribu pencari kerja mengunjungi marketplace ini untuk mendapatkan pekerjaan.

Di sini, Anda dapat memasang iklan lowongan kerja gratis dan tanpa batas. Buka laman https://employers.glints.id dan posting iklan Anda untuk menjaring kandidat yang Anda harapkan. Dengan job portal ini, Anda menghemat biaya iklan pekerjaan yang seharusnya Anda keluarkan.

Aplikasi lowongan kerja Glints juga menyediakan jasa rekrutmen TalentHunt yang membantu Anda menemukan top talent melalui proses, biaya, dan waktu yang efisien. Anda akan mendapat akses ke database lebih dari 100.000 top talent yang siap Anda rekrut.

Tim kami adalah orang-orang profesional dan spesialis yang didukung dengan teknologi rekrutmen berbasis AI. Melalui penyaringan kandidat di database, kami membuat peringkat dan merekomendasikan kandidat yang paling sesuai dengan kriteria yang Anda minta.

Glints tidak hanya menerapkan pembayaran fee di belakang saat Anda sudah menemukan kandidat, tetapi juga memberi garansi penggantian kandidat apabila karyawan yang kami rekomendasikan tidak cocok dengan posisi di perusahaan Anda dalam 90 hari pertama.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.