4 Fokus Chief Financial Officer (CFO) di Era Industri 4.03 min read

4 Fokus Chief Financial Officer (CFO) di Era Industri 4.0 | Glints
Sumber: Pexels

Di era industri 4.0 sekarang ini, bidang keuangan semakin bergantung pada teknologi yang canggih. Dalam sebuah perusahaan pun bagian keuangan harus mengikuti perkembangan dan mampu menjawab kebutuhan organisasi. 

Itu sebabnya, peran seorang chief financial officer (CFO) juga ikut berkembang. Penting bagi seorang CFO untuk melihat kembali apa saja skill, pengalaman, dan relasi yang diperlukan agar bisa terus memimpin ke depannya. 

Lalu, area mana saja yang harus jadi fokus bagi CFO? Berikut penjelasannya. 

1. Lingkungan eksternal

Investor dan masyarakat saat ini punya definisi yang lebih luas soal value dan tujuan perusahaan. Value perusahaan tak cuma dilihat dari laporan keuangan. Begitu juga dengan tujuan perusahaan yang tak lagi sebatas mencari keuntungan. 

Untuk merespons tren tersebut, seorang CFO perlu mengambil risiko-risiko atau peluang yang baru. 

2. Peluang memanfaatkan data

Seorang chief financial officer di era industri 4.0 harus memimpin seluruh timnya untuk memahami aset data perusahaan dan peluang-peluang yang bisa diambil dari aset tersebut.

Entah itu dalam artian monetisasi data untuk mendatangkan sumber pendapatan baru, atau untuk meningkatkan kapasitas CFO dalam membantu pengambilan keputusan berdasarkan data. 

Dalam berbagai perusahaan, bagian keuangan adalah “kamar” yang ideal untuk penerapan analytics tingkat tinggi. Maka, bagian keuangan punya posisi yang paling strategis untuk memanfaatkan beragam perkembangan baru seperti kecerdasan buatan (AI) dan machine learning

3. Kepemimpinan berbasis teknologi

Para chief financial officer sudah tak bisa lagi hanya mengamati perubahan dan perkembangan teknologi. CFO harus secara proaktif mempelajari dan menerapkan berbagai perkembangan teknologi yang bersinggungan dengan dunia keuangan. 

Misalnya teknologi cloud computing dan machine learning yang besar manfaatnya bagi tim dan perusahaan. Ke depannya juga masih banyak generasi teknologi baru yang akan lahir dalam bidang finance.

Itu sebabnya, wajib bagi seorang CFO untuk “melek” teknologi dalam artian yang lebih luas, terutama dalam menentukan strategi, mendorong perubahan, dan mendukung pengambilan keputusan seputar investasi dan keuangan dalam seluruh aspek perusahaan. 

4. Membangun relasi dan kerja sama dengan CEO

Dalam industri 4.0, investor aktif akan semakin lumrah ditemui. Maka, CFO harus menjadi sumber kebenaran utama dalam seluruh aspek organisasi agar pertanggungjawabannya menjadi lebih jelas.

Dalam hal ini, CFO harus bekerja sama dan saling membangun kepercayaan dengan CEO. Jalin terus komunikasi yang terbuka. Baik itu dalam merencanakan maupun mengeksekusi strategi. Jadilah partner bagi CEO dalam berbagai aspek. 

Siap hadapi industri 4.0 dengan talent terbaik

Untuk menghadapi perubahan tren industri 4.0, pastikan bahwa tim finance sudah dipersenjatai dengan talent terbaik yang mampu menjawab segala tantangan baru era ini. Baik dari segi teknologi, pengalaman yang relevan, hingga perspektif tajam yang dibutuhkan perusahaan. 

Glints TalentHunt bisa membantu menemukan kandidat tepat untuk tim yang siap menyambut industri 4.0, hanya dalam waktu 2 minggu.

Untuk mulai mencari kandidat dengan platform rekrutmen TalentHunt, klik https://talenthunt.glints.id. Bicarakan dengan tim kami secara gratis posisi yang ingin direkrut, beserta deskripsi pekerjaan dan kriteria yang diharapkan. 

Tenang, Anda hanya akan membayar pada saat kandidat yang kami rekomendasikan telah bergabung di perusahaan Anda, pada hari pertamanya. 

Tim spesialis kami menggunakan teknologi screening berbasis AI untuk menyaring resume lebih dari 130.000 kandidat terbaik yang telah dikurasi dan siap direkrut. Kami akan merekomendasikan beberapa yang terbaik sesuai kebutuhan Anda. 

Dengan garansi 90 hari gratis, TalentHunt memberikan jaminan penggantian jika kinerja karyawan yang kami rekomendasikan tidak memuaskan.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.