Peran HR dalam Meningkatkan Kemampuan Leadership Karyawan3 min read

Para HR profesional memperkirakan kebutuhan akan program pengembangan kemampuan leadership karyawan akan terus meningkat dan menjadi tantangan dalam sepuluh tahun ke depan. Perubahan lingkungan eksternal, seperti krisis akibat pandemi, membuat dunia bisnis berubah cepat dan menuntut skill kepemimpinan yang semakin kompleks.

Kepemimpinan semakin berperan penting dalam menunjang keberhasilan bisnis dan pencapaian tujuan organisasi. Seorang pemimpin memainkan peran sentral dalam pengembangan strategi organisasi dan menginspirasi setiap anggota untuk bekerja mewujudkan visi organisasi. Kepemimpinan yang baik juga menjadi kunci untuk menjaga keberlanjutan bisnis di masa depan.

Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk berinvestasi pada program pengembangan kepemimpinan tenaga kerja sebagai salah satu langkah strategis untuk mempersiapkan bisnis di masa depan. Di sini peran HR dan pemimpin perusahaan adalah merancang strategi pengembangan kepemimpinan karyawan di seluruh divisi, termasuk di jajaran HR sendiri.

Berikut ini adalah peran utama HR dalam program peningkatan kemampuan leadership karyawan:

Merumuskan program yang tepat

HR bersama pemimpin organisasi bertanggung jawab dalam menyusun program pengembangan skill kepemimpinan karyawan. HR tidak hanya melihat kebutuhan organisasi saat ini, tetapi juga perlu memprediksi kebutuhan dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

HR juga perlu mengidentifikasi kebutuhan perusahaan yang spesifik, skill kepemimpinan yang diperlukan, kesenjangan kemampuan leadership karyawan antar-divisi, dan menentukan program paling tepat. Dalam hal ini, harus ada hubungan yang jelas antara strategi dan tujuan inisiatif pengembangan kepemimpinan.

Merencanakan investasi

HR merupakan mitra pemimpin organisasi dalam menentukan biaya berdasarkan program pengembangan kepemimpinan yang telah dirancang. Biaya program ini merupakan investasi perusahaan dan akan digunakan untuk menghitung return of investment (ROI) atau laba investasi setelah pengukuran dampak bisnis.

Menilai efektivitas program

HR dapat memantau, mengumpulkan data, dan menilai program pengembangan kepemimpinan sepanjang prosesnya hingga beberapa bulan setelahnya, dengan menggunakan metrik sebagai instrumen pengukur keberhasilan. Penilaian ini berguna untuk mengetahui sejauh mana efektivitas program tersebut: apakah bermanfaat bagi peserta, apakah karyawan menguasai skill dan kompetensi yang dibutuhkan, dan apakah karyawan akan menerapkan perilaku kepemimpinan di posisinya saat ini. 

Baca Juga: 4 Tren Global Program Pengembangan Kepemimpinan Karyawan

Mengukur ROI

ROI adalah perbandingan antara keuntungan finansial atau hasil yang didapat dibagi dengan biaya investasi yang dikeluarkan untuk program leadership. Semakin besar ROI berarti laba investasi semakin besar dan program yang dirancang HR berdampak positif secara finansial. ROI tidak selalu menggambarkan laba perusahaan, tetapi bisa juga kerugian jika investasi untuk program yang dikeluarkan terlalu besar dibandingkan keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Mengevaluasi strategi pengembangan leadership

HR juga bertanggung jawab mengevaluasi strategi pengembangan kepemimpinan di perusahaan. Karena itu, penting untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang tidak berjalan efektif, mencari penyebabnya, dan menemukan solusinya. HR umumnya menggunakan umpan-balik dari karyawan, dan mungkin akan menemukan hal yang efektif bagi satu orang dan pada saat yang sama kurang efektif bagi yang lainnya.

Meski evaluasi menunjukkan hasil yang belum optimal, program pengembangan kepemimpinan tetap penting bagi perusahaan Anda. Salah satu manfaatnya adalah menciptakan saluran bakat, sehingga memudahkan proses rekrutmen internal dan susksesi jabatan. HR dapat mengidentifikasi potensi setiap top talent beserta skill yang mereka kuasai, yang berguna jika ke depan organisasi Anda membutuhkan peran baru.

Jika tidak menemukan top talent di internal perusahaan untuk mengisi peran yang dibutuhkan, Anda perlu merekrut dari luar. Anda dapat memanfaatkan job marketplace Glints untuk memasang iklan lowongan kerja gratis, kemudian Anda mengelola seluruh lamaran yang masuk.

Namun, jika Anda membutuhkan top talent untuk mengisi jabatan dalam waktu cepat, maka solusinya adalah Glints TalentHunt. Tim perekrut profesional akan membantu perusahaan Anda mendapatkan kandidat terbaik di antara puluhan ribu top talent di database Glints. Anda akan mendapatkan kandidat sesuai kualifikasi dan job description dalam waktu maksimal 3 minggu.

Glints adalah platform rekrutmen digital yang paling efisien dan fleksibel. Misalnya, perusahaan tak perlu repot dengan pembayaran jasa rekrutmen di awal, sebab Glints hanya akan menarik fee setelah perusahaan Anda mempekerjakan kandidat yang direkomendasikan. Jika Anda batal merekrut karena tidak cocok dengan kandidat, Anda tidak dikenai biaya apa pun.

Pasang Iklan Lowongan Kerja - Rekrutmen Online - Job Portal | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.