Peran HR dalam Menjaga Mental Health Karyawan Selama Pandemi COVID-192 min read

Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin seseorang dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga dapat memungkinkan untuk menikmati kehidupan dan menghargai orang lain. Namun, dalam kondisi krisis pandemi saat ini, sangat mungkin bagi seseorang merasa tidak tenang dan sulit untuk berpikir positif, tidak terkecuali mental health karyawan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Ibunda.id pada 1.824 karyawan, 28% responden mengatakan bahwa mereka membutuhkan bantuan perusahaan dalam menjaga kesehatan mental mereka. Hal ini menjadi perhatian penting untuk perusahaan, jika karyawan merasa tidak bahagia namun tetap dituntut mengerjakan proyek perusahaan dan mencapai target yang ditentukan, pastinya akan semakin membuat mental health karyawan semakin tidak baik. Seyogyanya, produktivitas karyawan akan meningkat ketika bekerja dengan perasaan yang tenang, bukan penuh dengan kecemasan.

Dalam situasi pandemi COVID-19, peran HR sangat penting untuk menjaga mental health karyawan, terlebih kebijakan working home yang terlalu lama dapat memberikan efek negatif karena adanya keterbatasan interaksi secara langsung dengan karyawan lainnya. Sebagai aset berharga perusahaan, HR wajib memastikan setiap karyawan dapat menghadapi tekanan yang ada, tetap bekerja secara produktif, dan mengembangkan potensi yang mereka miliki. 

Pada bulan April 2020, Glints berkesempatan untuk berkolaborasi dengan MOKA, Ibunda.id, dan WorkMi dalam acara webinar  bagi para HR dan profesional yaitu GlintsTalk: The Role of HR in Supporting Employees’ Mental Health & Wellness. Dipandu oleh para ahli:

  • Clarissa J Amadea sebagai Employer Branding & Culture Lead di MOKA
  • Bunga I Artha, M.Psi sebagai Industrial & Organizational Psychologist
  • Arif Fajar Saputra sebagai Executive Assistant to Managing Director di WorkMi

Dalam online webinar ini, ketiga narasumber membagikan pengalaman dan informasi bermanfaat yang dapat mendukung para HR maupun pemimpin usaha menjaga kesehatan mental karyawan di tengah pandemi COVID-19. Apa saja isi webinar tersebut?

  1. Strategi MOKA menghadapi kondisi krisis pandemi dan bagaimana MOKA menjaga mental health karyawan
  2. Lima praktek HR untuk mendukung psikologis karyawan di perusahaan
  3. Bagaimana cara HR mengubah respon emosional negatif karyawan menjadi positif ketika terjadi perubahan seperti krisis pandemi

Glints memahami kebutuhan HR dan pelaku usaha dalam menjaga kesehatan mental karyawannya, oleh sebabnya, Glints memfasilitasi acara online webinar ini untuk Anda secara gratis. Anda dapat mengakses rekaman webinar pada link berikut ini:

Webinar Gratis Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.