4 Persona Chief Technology Officer (CTO)4 min read

4 Persona Chief Technology Officer (CTO) | Glints
Sumber: Pexels

Memaknai peran chief technology officer (CTO) dan memastikan peran tersebut selaras dengan prioritas bisnis amatlah penting dalam era digital leadership sekarang ini. Perusahaan bisa mewujudkan nilai dan kontribusi penting CTO bagi bisnis bila peran tersebut dilihat sebagai empat persona utama dalam sebuah organisasi. 

Dengan memahami empat persona yang harus dimiliki oleh seorang CTO, akan muncul peluang untuk membentuk dan mengembangkan transformasi bisnis digital. Manajemen juga jadi bisa menyesuaikan peran CTO dengan tujuan organisasi. 

Berikut adalah empat persona umum yang harus dihayati seorang CTO beserta penjelasan bagaimana masing-masing persona berdampak pada tujuan bisnis perusahaan.  

1. Digital business leader

CTO sebagai wajah dari digital leadership harus memiliki pemahaman mendalam seputar tren teknologi, insight soal bagaimana perusahaan lain memanfaatkan teknologi untuk berinovasi, dan ilmu soal penerapan teknologi baru dalam organisasinya sendiri. 

Pendekatannya biasanya adalah dengan mendorong teknologi ke dalam fungsi-fungsi bisnis utama. Oleh karena tanggung jawabnya untuk membangun bisnis strategi digital perusahaan, persona CTO yang perlu ditonjolkan adalah menjadi leader dari tim-tim yang merancang platform digital yang akan digunakan. 

Beberapa tanggung jawab umumnya yaitu:

  • Bekerja sama dengan CIO dalam mengenali, memahami, dan membangun roadmap untuk model dan kapasitas bisnis baru
  • Memimpin organisasi agar terus mengedepankan inovasi dan pola pikir strategis, misalnya lewat manajemen inovasi atau pengembangan 
  • Memastikan adanya pendanaan dan peluang untuk teknologi berbasis inovasi 
  • Bekerja sama dengan berbagai fungsi bisnis untuk memahami kebutuhan pelanggan dan pasar, supaya bisa diterjemahkan menjadi produk atau jasa digital 

2. Business enabler

Ketika teknologi adalah produk utama yang ditawarkan perusahaan, CTO adalah sosok krusial dalam perkembangan teknologi tersebut. Persona CTO sebagai business enabler maksudnya ia harus memastikan bahwa teknologinya bekerja sesuai ekspektasi dan terus berkembang sesuai dengan milestone bisnis. 

Dengan kata lain, persona CTO yang harus digarisbawahi yaitu sebagai orang yang memungkinkan bisnis terus berjalan melalui teknologi yang dibangun oleh tim product engineer. 

Maka, tanggung jawab yang harus dipenuhi CTO untuk mewujudkan persona tersebut antara lain:

  • Mengambil keputusan-keputusan penting terkait investasi dalam teknologi 
  • Berperan aktif dalam memulai dan membangun platform digital untuk bisnis 
  • Bekerja sama dengan tim product dan engineer dalam pengembangan produk baru, penambahan fitur, atau redesign 
  • Melakukan penilaian risiko ketika akan mengenalkan teknologi baru dalam perusahaan 

3.  IT innovator

Sebagai agen perubahan yang berorientasi pada digital leadership, seorang CTO harus dilihat sebagai pencetus inovasi dalam bidang IT. 

Terkadang, ini berarti CTO akan dilihat sebagai kepala arsitek yang mengarahkan dan memberikan kontribusi langsung dari inovasi IT bagi bisnis. Biasanya CTO dengan peran ini menjabat posisi eksekutif dalam bagian IT dan melapor pada CIO. 

Sebagai IT innovator, beberapa tanggung jawab seorang CTO yaitu:

  • Menjadi titik temu atau pusat inovasi teknologi dalam IT 
  • Menentukan strategi teknologi perusahaan dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang sudah umum dan yang baru untuk mentransformasi operasi IT dalam perusahaan
  • Memimpin tim software engineer yang telah mengadopsi pendekatan agile dan berorientasi pada DevOps 
  • Melakukan modernisasi infrastruktur, menerapkan teknologi terbaru termasuk hybrid multicloud, edge computing, containerization, dan automasi.

4. Chief operating officer (COO) tim IT

Tujuan utama seorang chief operating officer untuk bagian IT adalah mewujudkan layanan IT demi menunjang model bisnis saat ini. 

Dengan persona CTO ini, keterlibatannya dalam memutuskan apakah akan membeli atau mendapatkan layanan IT tertentu menjadi amat penting. 

Untuk mewujudkan digital leadership dengan persona sebagai chief operating officer, tugas CTO bisa disimpulkan sebagai berikut:

  • Menjalankan dan mengelola operasional IT termasuk manajemen layanan dan vendor, membangun pusat data, menjamin keamanan, dan lainnya 
  • Memastikan sistem internal dan eksternal berjalan dengan baik dengan selalu memantau dan merespon insiden yang mungkin berdampak bagi sistem 
  • Terlibat dalam menerapkan dan menggunakan teknologi yang mengutamakan modernisasi, optimisasi, konsolidasi, dan sistem IT utama seperti CRM atau ERP 

Digital leadership dengan tech team terbaik di industri

Sudah bukan rahasia lagi, kunci dari digital leadership yang kuat dalam perusahaan adalah memiliki tim dengan tenaga kerja ahli di bidang IT yang berdedikasi tinggi. 

Dengan tech team yang andal, seorang CTO akan lebih efektif menghayati keempat persona di atas serta menjalankan perannya dalam mendorong inovasi.   

Platform rekrutmen online Glints TalentHunt bisa membantu mendapatkan kandidat terbaik di industri tech untuk tim Anda, cuma dalam waktu 2 minggu.

Untuk merekomendasikan tech talent berkualitas, tim rekruter TalentHunt melakukan screening dan kurasi dari 1,5 juta kandidat dengan bantuan teknologi berbasis AI. 

Tidak perlu membayar apa pun di awal, sehingga Anda bisa menghemat biaya operasional untuk inovasi dan pengembangan teknologi di perusahaan. Anda hanya membayar setelah kandidat berhasil direkrut dari platform rekrutmen kami. 

Glints TalentHunt juga menawarkan garansi 90 hari. Jika kinerja karyawan yang kami rekomendasikan tidak memenuhi ekspektasi, rekruter kami akan mencari penggantinya secara gratis.

Klik https://talenthunt.glints.id untuk merekrut kandidat terbaik bagi tech team Anda. Kami akan mempelajari posisi apa saja yang ingin direkrut, deskripsi pekerjaannya, dan kriteria yang Anda harapkan. 

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *