Seberapa Penting Pre-assessment Questions?3 min read

Seberapa Penting Pre-assessment Questions?
©️ Pexels

 

Bicara soal proses rekrutmen, meloloskan kandidat berdasarkan evaluasi resume mereka saja belum cukup. Selain informasi dalam dokumen lamaran kerja tidak bisa dipercaya sepenuhnya, Anda juga perlu memprediksi bagaimana kualitas kandidat dalam pekerjaan mereka ke depan. Untuk itu, memberikan pre-assessment questions atau tes pra-kerja merupakan langkah paling tepat dan efektif untuk membuat penilaian yang objektif.

Apa itu pre-assessment test?

Pre-assessment question adalah penilaian yang dilakukan secara online untuk membantu perekrut mengidentifikasi kemampuan kandidat dan memprediksi kinerja mereka di tempat kerja. Tes assessment memungkinkan Anda menyaring orang-orang yang paling cocok untuk pekerjaan yang Anda butuhkan. 

Penilaian pra-kerja dilakukan dengan memvalidasi keterampilan dan kompetensi pelamar terhadap persyaratan pekerjaan. Hasil penilaian ini memberikan data yang valid dan dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Ada berbagai macam pre-assessment test yang dapat diberikan perekrut sebelum mempekerjakan kandidat, antara lain tes pengetahuan kerja, tes integritas, tes kemampuan kognitif, tes kepribadian, tes kecerdasan emosional (EQ), tes keterampilan, dan tes kemampuan fisik.

Apa saja manfaat pre-assessment questions?

Memperoleh karyawan berkinerja tinggi 

Pre-assessment dapat memberi Anda gambaran seberapa bagus skill kandidat dan kecocokan terhadap peran yang dicari. Tes pra-kerja berbasis simulasi menawarkan akurasi tinggi dalam memprediksi kinerja dan produktivitas kandidat dalam menjalankan peran seandainya mereka dipekerjakan. 

Misalnya, kandidat yang lulus tes, dua kali lebih mungkin berhasil menyelesaikan masalah di tempat kerja, melakukan banyak tugas dengan cepat dan efektif, dan berkomunikasi dengan jelas dan antusias. Meski demikian, nilai pengujian pra-kerja bergantung pada keakuratan dan relevansi pekerjaannya.

Tes pra-kerja yang efektif memberikan keyakinan kepada perekrut bahwa kandidat dengan nilai mengagumkan akan memberikan kinerja tinggi dan produktif.

Meningkatkan retensi karyawan

Tes pra-kerja memberikan manfaat penting dalam peningkatan retensi karyawan. Karena proses pengujian mensyaratkan kandidat untuk menyesuaikan diri dengan ekspektasi pekerjaan dan lingkungan bisnis yang baru, kandidat yang lulus dan terpilih mengisi peran akan lebih siap untuk pekerjaan tersebut. 

Karena kandidat lebih siap dan memiliki harapan yang realistis tentang pekerjaan tersebut, maka perputaran (turnover) sukarela karyawan dapat dikurangi. Selain itu, perputaran paksa lebih minim, karena kandidat memiliki keterampilan yang telah diverifikasi melalui penilaian pra-kerja yang dapat membantu mereka untuk sukses menjalankan pekerjaan.

Efisiensi rekrutmen

Pengujian pra-kerja adalah elemen penting dalam seleksi awal. Sebab, proses ini membantu menyingkirkan banyak kandidat yang sekadar mencoba melamar tanpa memenuhi syarat. Artinya, tes ini membantu memastikan orang-orang yang siap dan cocok untuk pekerjaan itu, dan mencegah perekrut mewawancarai pelamar yang tidak berkualifikasi.

Dengan pengujian pra-kerja yang tepat, perekrut dapat mengefisienkan proses rekrutmen, karena mereka hanya perlu memfokuskan perhatian pada kandidat yang paling memenuhi syarat. Dengan demikian, tes pra-kerja membantu memotong waktu dan biaya rekrutmen dengan mengeliminasi lebih cepat.

Menekan bias rekrutmen

Penilaian berdasarkan dokumen lamaran cenderung menimbulkan bias rekrutmen baik disadari atau tidak. Pemilihan kandidat akan dipengaruhi informasi demografis dalam resume, seperti jenis kelamin, usia, dan etnis, yang tidak menggambarkan kemampuan profesional.

Pengujian pra-kerja dapat membantu menekan bias dengan memberikan hasil penilaian yang didasarkan pada kemampuan dan keterampilan karyawan dalam bekerja. Sehingga, kandidat yang terpilih pada akhirnya adalah mereka yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan peran.

Mengandalkan layanan headhunter untuk mendapatkan kandidat berkualitas

Selain tes pra-kerja, menggunakan headhunter Glints TalentHunt juga dapat memberikan hasil rekrutmen yang berkualitas tinggi. Sebagai jaminan kualitas layanan, TalentHunt memberikan garansi 90 hari, di mana klien kami akan mendapatkan penggantian kandidat secara gratis apabila karyawan yang kami rekomendasikan sebelumnya terbukti tidak memuaskan atau tidak dapat menjalankan peran dengan baik.

Kami memiliki lebih dari 130.000 top talent dengan pengalaman dan keterampilan yang telah dikurasi dan siap rekrut. Tim spesialis kami akan menyeleksi mereka dengan teknologi screening berbasis AI yang cepat, kemudian membuat peringkat kandidat yang paling cocok dengan job description yang diminta klien.

Merekrut dengan TalentHunt di https://talenthunt.glints.id sangat mudah hanya dengan empat langkah. Beritahu kebutuhan Anda, dapatkan rekomendasi kandidat dari tim kami, wawancarai mereka, lalu rekrut dan pekerjakan yang terbaik menurut Anda. Tak ada biaya komitmen di depan, dan Anda tidak akan membayar biaya rekrutmen sampai Anda mendapatkan kandidat yang Anda cari.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.