Selain PPC, Ini 9 Strategi Digital Marketing Startup Baru 20226 min read

strategi digital marketing startup

Setiap harinya, berbagai merek baru dirilis untuk mengimbangi perilaku konsumen yang dinamis. Melihat perilaku konsumen yang menghabiskan lebih banyak waktu secara online, sudah saatnya startup Anda merancang strategi digital marketing yang tepat. 

Digital marketing telah membalikkan keadaan dan membawa strategi baru dalam bisnis. Hal ini memberikan peluang bagi para startup untuk mempromosikan produk dan layanan mereka melalui platform online seperti media sosial, mesin pencari, dan platform media digital lainnya. 

Memiliki berbagai jenis, sudah Anda mencoba 9 strategi digital marketing untuk startup berikut ini?

9 Strategi Digital Marketing Untuk Startup

1. Tingkatkan Kredibilitas Lewat Publikasi Media / PR

Publikasi media adalah salah satu strategi digital marketing yang bekerja dengan membuat cerita dan kesan sebuah merek untuk dipublikasikan media. Tujuannya, untuk meningkatkan kredibilitas dan eksposur positif. 

92% dari 28.000 responden di 56 negara mengatakan mereka memercayai publikasi dari media di atas semua bentuk periklanan lainnya.”

Nielsen Global Trust in Advertising

Membangun reputasi bisnis adalah pekerjaan kompleks dan membutuhkan strategi yang matang. Sejalan dengan kebutuhan ini, publikasi media memang berfokus pada membangun reputasi merek secara keseluruhan. Hasilnya bermacam-macam, bisa dalam dalam bentuk editorial, blog independen, ulasan dan peringkat, atau pesan positif yang disebarkan dari mulut ke mulut.

Baca juga: Tips Merekrut Digital Marketing

2. Co-branding Partnership untuk Kumpulkan Komunitas

Startup Anda masih terlalu dini untuk menarik audiens yang besar? Tenang, ada strategi co-branding partnership yang membantu Anda membangun komunitas besar lebih cepat. 

Melansir Hubspot, co-branding adalah kemitraan pemasaran dan periklanan strategis antara dua merek. Di mana, keberhasilan satu merek membawa kesuksesan mutual bagi merek mitranya. Co-branding dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun bisnis, meningkatkan awareness dan visibility, serta menembus pasar baru.

Strategi digital marketing ini salah satunya dilakukan Gopro dan RedBull. Merek kamera portabel dan minuman berenergi ini berkolaborasi dengan menampilkan diri mereka sebagai merek gaya hidup yang penuh aksi dan petualangan. Nilai-nilai ini kemudian menjadikan keduanya pasangan yang sempurna untuk kampanye action sport. 

Sumber: Youtube GoPro

3. Content Marketing yang Relevan dan Berkualitas

Jantung dari digital marketing adalah konten. Content marketing sendiri adalah metode untuk menarik target audiens Anda dengan biaya investasi yang rendah. Ketika konten yang relevan bertemu dengan kebutuhan audiens, disitulah peluang konversi muncul. 

Ada berbagai jenis media digital untuk mengimplementasikan content marketing. Seperti email marketing, social media, blog, website, iklan, dan lain-lain. Meski begitu, blog masih menjadi pilihan terbaik dalam hal distribusi content marketing. 

  • Menarik pengunjung dan meningkatkan traffic situs
  • Menciptakan nilai bagi audiens Anda
  • Meningkatkan audience engagement
  • Membentuk citra merek yang positif
  • Meningkatkan pemahaman pasar tentang produk dan layanan Anda

4. Kembangkan Media Sosial Sesuai Citra Merek

Memiliki saluran sosial perusahaan tidak hanya memungkinkan Anda mengontrol informasi dan citra merek, tetapi juga membangun komunitas di sekitar merek, perusahaan, dan produk. 

strategi digital marketing
Sumber: Instagram Canva

Bisa dibuat secara gratis, media sosial dapat menjadi tempat yang tepat untuk membangun konten buatan pengguna, mendapatkan umpan balik, atau bahkan mengatasi masalah layanan pelanggan. Media sosial juga dapat digunakan untuk melihat ulasan produk Anda yang tentunya berdampak pada tingkat konversi.

5. Pay-per-Click (PPC)

PPC adalah singkatan dari pay-per-click, yakni model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Pada dasarnya, ini adalah cara untuk membeli kunjungan ke situs Anda, dibanding mendapatkannya secara organik yang lebih memakan waktu. 

PPC dapat merujuk ke iklan yang Anda lihat di bagian atas dan samping halaman hasil pencarian. Iklan yang Anda lihat saat menjelajahi web, iklan sebelum video YouTube, hingga iklan di aplikasi seluler. Salah satu hal lain yang membedakan PPC dari SEO adalah Anda hanya membayar untuk hasil dari performa iklan yang didapat. 

6. Optimisasi Website dengan SEO

Berbicara tentang optimasi website, tentu tidak lepas dari istilah SEO (Search Engine Optimization). ​​Strategi SEO menjadi penting karena kebanyakan orang mencari informasi secara online, di mana pencarian organik menyumbang traffic yang dominan.

“Menurut laporan statistik terbaru, Google adalah situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan 80,93 miliar kunjungan pada Februari 2021.”

SimilarWeb, 2021

Sementara iklan berbayar, media sosial, dan platform online lainnya dapat menghasilkan lalu lintas ke situs web, sebagian besar lalu lintas online didorong oleh mesin pencari. Moz melaporkan, SEO memiliki 20x lebih banyak peluang traffic daripada PPC di seluler dan desktop. Karena itu, mengoptimalkan situs web Anda dengan SEO sangatlah penting. 

7. Personalisasikan Email Marketing

“Jika Anda menjalankan bisnis, email masih merupakan cara paling efektif untuk menjangkau orang-orang yang telah menunjukkan minatnya pada produk atau situs Anda secara universal. Karena itu, email benar-benar tidak bisa dikalahkan.”

Colin Nederkoorn, Customer.IO Founder

Email marketing adalah strategi digital marketing yang sangat personal untuk menjangkau target pasar Anda. Itu sebabnya pemasaran email bekerja paling baik saat dipersonalisasi. 

Email dapat disesuaikan dengan tindakan audiens, sehingga setiap komunikasi relevan dengan minat mereka. Anda dapat membahas topik-topik seperti informasi eksklusif tentang produk, pencapaian perusahaan, permintaan umpan balik pelanggan, hingga ajakan untuk melakukan sebuah aksi yang menuju pada konversi.

8. Afiliasi Pemasaran

Afiliasi pemasaran adalah strategi digital marketing dengan menggandeng mitra sebagai pihak ketiga untuk mempromosikan produk Anda. Nantinya, mitra tersebut akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan.

strategi digital marketing startup
Sumber: Amazon

‘Raksasa teknologi’ Amazon adalah salah satu yang serius dalam merancang strategi afiliasi pemasaran melalui Amazon Associates.  Mengklaim dirinya sebagai program pemasaran afiliasi terbesar di dunia, Amazon Associates membantu pembuat konten, penerbit, dan blogger memonetisasi traffic yang didapatkan laman mereka. Caranya,  melalui tautan yang diarahkan pada jutaan produk dan program yang tersedia di Amazon.

9. Referral Marketing

Secara sederhana, referral marketing adalah proses membiarkan pengunjung situs web, konsumen, atau klien untuk memberikan referensi pada orang-orang terdekat tentang produk Anda. Strategi ini juga disebut sebagai pemasaran mulut ke mulut.

strategi digital marketing
Sumber: Dropbox

Dropbox adalah salah satu yang juga menjalankan strategi digital marketing ini. Merupakan perusahan online cloud, Dropbox memulai kampanye ini dengan menawarkan cloud 500MB gratis. Baik untuk yang memberikan referensi, maupun yang mendapatkan referensi. 

Untuk mengeksekusi seluruh strategi digital marketing di atas dengan efektif, Anda tentu membutuhkan talenta digital marketing yang tepat. Baca E-Book: Cara Menarik Talenta Digital Marketing Hebat ini untuk mengetahui lebih lanjut. 


Temukan talenta digital potensial 2x lebih cepat bersama Glints

Artikel di atas dipersembahkan oleh Glints for Employers, mitra rekrutmen terpercaya untuk startup dan perusahaan di Asia Tenggara dan Taiwan. Lebih cepat dan hemat, pakar kami yang dibekali dengan teknologi siap membantu Anda terhubung dengan talenta terbaik di sekitar Anda.

Temukan layanan lengkap kami untuk mulai membangun tim yang berkualitas hari ini.

Konsultasikan kebutuhan rekrutmen Anda GRATIS!