Strategi Rekrutmen: Cara Mendapatkan Kandidat Berkualitas4 min read

Strategi Rekrutmen: Cara Mendapatkan Kandidat Berkualitas
© Unsplash

 

Merekrut kandidat berkualitas membutuhkan upaya yang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin dilakukan. Yang pasti, Anda membutuhkan strategi rekrutmen yang mumpuni untuk menarik, memilih, dan akhirnya mempekerjakan karyawan terbaik. 

Untuk merekrut kandidat hebat, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan proses rekrutmen yang dilakukan oleh rekruter atau HR perusahaan, tapi juga melakukan kolaborasi yang melibatkan peran talent acquisition, recruitment marketing, dan employer branding.

Berikut ini strategi rekrutmen yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kandidat berkualitas.

  • Membangun reputasi perusahaan

Ini merupakan langkah paling awal. Untuk mendapatkan kandidat hebat, Anda juga harus membangun reputasi perusahaan Anda sebagai tempat kerja terbaik. Tanpa strategi rekrutmen ini, Anda tak akan pernah dapat menarik dan meyakinkan top talent untuk bekerja di perusahaan Anda. Orang-orang hebat hanya memilih perusahaan dengan brand yang kuat.

  • Membangun kumpulan bakat

Perusahaan yang memiliki kumpulan bakat yang besar dan beragam, serta memeliharanya secara berkelanjutan, akan memiliki sumber perekrutan yang dapat diandalkan setiap saat. Bahkan, hanya dengan mengandalkan talent pool ini, kebutuhan akan kandidat berkualitas bisa terpenuhi tanpa harus memasang iklan lowongan kerja.

  • Membuat job posting yang menarik

Job posting yang menarik tidak hanya berisi deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang jelas, tetapi juga tawaran yang menarik, mulai dari kompensasi hingga benefit yang dibutuhkan pencari kerja. Kandidat hebat ibaratnya seperti pemain bintang dalam industri sepak bola Eropa, saat mereka hanya melirik klub-klub yang memberikan tawaran gaji dan fasilitas yang menarik.

  • Pekerjakan perekrut spesialis

Jika Anda menginginkan kandidat ideal untuk sebuah peran yang spesifik, Anda tak bisa mengandalkan rekruter generalis. Anda sebaiknya mempekerjakan seorang spesialis yang dapat menilai keterampilan kandidat. Misalnya, Anda ingin merekrut tech specialist yang berkualitas, maka sebaiknya Anda juga harus mempekerjakan rekruter yang punya spesialisasi di bidang IT.

  • Mencari sumber perekrutan yang tepat

Salah satu strategi rekrutmen untuk menghasilkan kandidat berkualitas adalah fokus pada sumber perekrutan yang paling potensial. Iklan lowongan kerja online memungkinkan Anda menjangkau banyak kandidat, tetapi mungkin hanya sedikit dari mereka yang berpeluang untuk Anda pekerjakan. Sementara, sistem referral atau media sosial LinkedIn mungkin memberikan lebih sedikit kandidat, tetapi dengan kualitas lebih menjanjikan. 

Jika Anda menggunakan sumber perekrutan job portal, Anda dapat menggunakan Glints yang menyediakan tempat untuk memasang iklan lowongan kerja gratis dan tanpa batas. Klik https://employers.glints.id untuk mengunggah iklan Anda.

  • Berikan skill test

Membuat keputusan hanya berdasarkan selembar resume kandidat di tangan Anda cukup berisiko. Anda sebaiknya tetap bersikap skeptis terhadap informasi yang diberikan dalam dokumen lamaran kerja. Memberikan tes keterampilan atau kecakapan terkait peran yang akan dijalankan dapat membantu Anda menilai kualitas mereka secara nyata. Menyaring kandidat dengan skill test lebih dapat diandalkan ketimbang Anda hanya memercayai cerita hebat kandidat di atas kertas.

  • Verifikasi informasi 

Melakukan verifikasi terhadap informasi yang diberikan kandidat membantu Anda mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai profil mereka. Ada dapat melakukan pengecekan latar belakang kandidat dengan menghubungi pemberi kerja sebelumnya dan menanyakan bagaimana kualitas kandidat dalam menjalankan peran di perusahaan mereka.

  • Wawancara yang efektif dan bebas bias

Wawancara menjadi penilaian terakhir dari proses rekrutmen sebelum menentukan kandidat yang akan ditawari pekerjaan. Untuk mendapatkan kandidat berkualitas, Anda harus melakukan wawancara yang terstruktur, sistematis, dan bebas bias. Fokuslah pada kualitas profesional kandidat secara objektif dan abaikan informasi yang tidak berkaitan dengan kompetensi, keterampilan, dan pengalaman kerja.

  • Berikan masa percobaan

Setelah Anda memutuskan untuk merekrut kandidat, berikan masa percobaan tiga bulan bagi mereka. Ini merupakan waktu yang cukup bagi karyawan baru Anda untuk menunjukkan kualitas mereka melalui kinerja yang sesungguhnya. Bantulah mereka agar lebih cepat beradaptasi sehingga Anda dapat memberikan penilaian terhadap kualitas pekerjaannya.

  • Menggunakan jasa rekrutmen headhunter

Cara yang paling mudah, ringkas, dan efisien mendapatkan kandidat yang berkualitas adalah menggunakan jasa headhunter. Merekrut sendiri dengan waktu berbulan-bulan belum tentu memberikan hasil optimal, sedangkan headhunter hanya butuh beberapa minggu untuk menghadirkan kandidat top talent untuk Anda. 

Layanan rekrutmen headhunter Indonesia Glints, TalentHunt, layak Anda coba. TalentHunt memiliki database lebih dari 100.000 top talent yang telah dikurasi ketat dan siap direkrut. Dengan menggunakan teknologi rekrutmen machine learning AI yang cerdas, tim profesional akan menyaring kandidat yang paling memenuhi kriteria Anda, lalu merekomendasikan kandidat kepada Anda dalam waktu kurang dari 3 minggu.

Anda membayar fee rekrutmen saat kandidat mulai bekerja. Tak ada kandidat yang Anda rekrut, maka tak ada biaya yang harus Anda keluarkan.

Masih khawatir dengan kualitas kandidat? TalentHunt memberikan jaminan 90 hari masa percobaan karyawan baru Anda. Apabila Anda tidak puas atau karyawan tidak cocok dengan perannya, tim TalentHunt akan mencarikan karyawan pengganti gratis dalam waktu 60 hari.

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.