Syarat Membuat NPWP Karyawan, Panduan Lengkap4 min read

syarat membuat NPWP karyawan
Photo by Kelly Sikkema via Unsplash

Syarat membuat NPWP karyawan perlu diketahui oleh perusahaan mengingat pentingnya nomor identifikasi wajib pajak ini, baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. 

Untuk perusahaan, kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) oleh setiap karyawan menjadi perhatian penting. Salah satu fungsinya bagi perusahaan adalah dengan kepemilikan NPWP yang menyeluruh oleh seluruh karyawan membuat nilai kredibilitas perusahaan di mata pajak. 

Keuntungan dari kredibilitas ini, perusahaan lebih mudah untuk mengakses modal, baik dari investor maupun perbankan. Artinya, kesempatan perusahaan untuk mengembangkan bisnis juga makin besar. 

Mengingat betapa pentingnya NPWP untuk semua karyawan dalam perusahaan, dalam artikel ini kita akan membahas mulai dari apa itu NPWP hingga apa saja syarat yang dibutuhkan untuk membuat NPWP karyawan.

Mengenal NPWP 

NPWP adalah nomor identitas yang diberikan negara kepada setiap Wajib Pajak (WP) sebagai tanda pengenal yang terdiri dari 15 digit angka yang berisi kode seri dari identitas WP. 

NPWP bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perpajakan seperti bayar hingga lapor pajak dan aktivitas perpajakan yang lain. 

Tidak seperti kartu identitas lain yang memiliki masa berlaku terbatas, NPWP bisa dibilang berlaku seumur hidup. Hal ini berarti, tidak ada namanya NPWP yang kadaluarsa masa berlakunya. 

Namun demikian NPWP bisa dicabut atau dinonaktifkan. Beberapa alasan pencabutan atau penonaktifan NPWP seperti WP meninggal dunia, wanita kawin dan tidak melakukan perjanjian pisah harta dan penghasilan atau WP sudah tidak lagi memenuhi syarat. 

Pembuatan NPWP

Sebelum masuk ke syarat membuat NPWP karyawan, sebaiknya kita tahu terlebih dulu alur pembuatan NPWP. 

Di Indonesia sendiri, ada dua jalur pembuatan NPWP:

Pembuatan secara online 

Untuk pembuatan NPWP secara online beberapa tahapan yang dibutuhkan adalah:

  • Buka halaman ereg.pajak.go.id
  • Pilih menu daftar
  • Masukkan alamat email yang aktif dan buat password
  • Masuk ke email yang didaftarkan, buka link verifikasi untuk aktivasi akun
  • Ikuti petunjuk yang ada di email dari Ditjen Pajak
  • Setelah proses aktivasi selesai, masuk kembali ke ereg.pajak.go.id dengan menggunakan email dan password terdaftar
  • Masuk ke halaman registrasi lalu isi data diri dengan lengkap dan benar
  • Setelah pengisian data diri selesai, ikuti semua tahap pengisian selanjutnya dengan teliti
  • Setelah semua formulir diisi, klik tombol daftar untuk mengirimkan formulir registrasi ke kantor pajak terdaftar
  • Kemudian, kantor pajak akan memproses pengajuan pembuatan NPWP
  • Kembali ke dashboard, klik kirim token, jangan lupa untuk mengisi captcha sebelum klik submit. Konfirmasi akan dikirimkan melalui email. 
  • Salin token yang sudah didapatkan
  • Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan, masuk ke email terdaftar untuk melihat token
  • Kartu NPWP fisik akan dikirimkan ke alamat WP setelah permohonan disetujui.

Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)

Secara umum, untuk pengajuan NPWP ke KPP memiliki alur yang sama. Bedanya, kartu NPWP bisa langsung diperoleh setelah permohonan dipenuhi. 

Dari kedua jalur yang tersedia ini, bisa dipilih mana yang lebih mudah bagi Anda. 

Syarat membuat NPWP karyawan

Syarat membuat NPWP karyawan sebenarnya cukup mudah. 

Berikut adalah syarat membuat NPWP karyawan, baik yang berstatus sebagai WNI maupun WNA:

  1. WNI: fotokopi e-KTP, surat keterangan kerja (jika ada), surat keputusan kepegawaian (jika PNS)
  2. WNA: Fotokopi paspor, kartu izin tinggal terbatas (Kitas) atau kartu izin tinggal tetap (Kitap).

Pembuatannya bisa dengan mengajukan sendiri maupun kolektif atau membuat NPWP Pekerja. 

Daftar NPWP Karyawan kolektif

Pengajuan NPWP Karyawan secara kolektif diatur dalam Perdirjen Pajak Nomor PER-16/PJ/2007 tentang Pemberian NPWP Orang Pribadi yang Berstatus Sebagai Pengurus, Komisaris, Pemegang Saham/Pemilik dan Pegawai Melalui Pemberi Kerja/ Bendaharawan Pemerintah. 

Dalam peraturan ini, perusahaan yang ingin mengajukan pembuatan NPWP kolektif maka wajib mengumpulkan data karyawan yang belum memiliki NPWP Pekerja untuk diajukan daftar NPWP ke KPP terdekat. 

Syarat membuat NPWP karyawan kolektif ini cukup dengan daftar nominatif karyawan yang mengajukan pembuatan NPWP dan disertai dengan fotokopi KTP atau identitas lain. 

Daftar NPWP Karyawan Pribadi

Untuk pendaftaran NPWP karyawan pribadi bisa mengikuti tata cara yang ada di poin sebelumnya tentang mendaftar secara online. 

Syarat membuat NPWP karyawan pribadi adalah fotokopi identitas dan juga formulir yang bisa didapatkan baik secara online maupun datang langsung ke KPP terdekat. 

Ketaatan perusahaan pada peraturan pajak menjadi salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Bukan hanya untuk menghindari sanksi administratif maupun finansial, namun yang lebih penting adalah akses yang lebih mudah ke modal sehingga bisa mengembangkan bisnis. 

Hal ini bisa dimulai dengan memastikan semua karyawan memiliki NPWP sehingga tiap pendapatan yang masuk tercatat dan berkontribusi pada negara. 


Bangun ekspansi bisnis & perusahaan bersama talenta ideal Anda dengan Glints.

Artikel di atas dipersembahkan oleh Glints for Employers, mitra rekrutmen terpercaya untuk startup dan perusahaan di Asia Tenggara dan Taiwan. Lebih cepat dan hemat, pakar kami yang dibekali dengan teknologi siap membantu Anda terhubung dengan talenta terbaik di sekitar Anda.

Temukan layanan lengkap kami untuk mulai membangun tim yang berkualitas hari ini.

Konsultasikan kebutuhan rekrutmen Anda GRATIS!