Tingkatkan Kualitas SDM dengan Analisis SWOT4 min read

Tingkatkan Kualitas SDM dengan Analisis SWOT
©️ Unsplash

 

Salah satu metode perencanaan bisnis yang paling banyak dilakukan adalah analisis SWOT. Analisis ini berguna untuk membantu perusahaan menetapkan rencana tujuan yang realistis dan dapat dicapai secara efisien, dengan meminimalkan risiko dan mengoptimalkan hasil.

Kerangka analisis SWOT dikembangkan oleh Albert Humphrey, seorang pakar manajemen di Stanford Research Institute, sekitar awal 1970-an. Tujuan dari analisis ini adalah memperkuat strategi bisnis, dengan mengenali semua kekuatan dan kelemahan bisnis, serta potensi peluang dan ancaman yang mungkin muncul.

SWOT adalah pendekatan untuk mengidentifikasi strength, weakness, opportunity, dan threat terhadap setiap rencana kegiatan industri. Analisis terhadap keempat faktor tersebut bisa dijadikan dasar bagi perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Strength dan weakness mengacu pada faktor internal organisasi bisnis, atau berkaitan dengan sumber daya manusia, infrastruktur teknologi, finansial, dan pengalaman industri yang dimiliki perusahaan. Sedangkan opportunity dan threat lebih bersumber pada faktor internal perusahaan yang memengaruhi keberhasilan perusahaan, seperti pasar, kompetisi, tren industri, peraturan pemerintah, dan kondisi perekonomian.

Analisis SWOT dapat digunakan untuk perencanaan strategi talent acquisition yang efektif dalam meningkatkan kualitas SDM perusahaan. 

Cara tingkatkan kualitas SDM dengan analisis SWOT

Strength 

Ini berkaitan dengan semua kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan, yang membuat organisasi bisnis Anda unggul di antara yang lainnya di industri terkait. Strength berarti faktor internal positif yang dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan karyawan terbaik.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu membuat daftar nilai lebih organisasi Anda, misalnya:

  • Dominasi perusahaan sebagai market leader di industri terkait
  • Sistem kompensasi dan reward karyawan yang memuaskan
  • Jenjang karier terbuka dan promosi karyawan berbasis kinerja
  • Reputasi perusahaan yang kuat di mata karyawan

Weakness

Ini merupakan kelemahan atau kekurangan organisasi Anda yang dapat menjadi penghambat dalam akuisisi bakat, seperti menghalangi tenaga kerja terbaik untuk bergabung dan bekerja untuk Anda untuk jangka waktu lama. Weakness adalah hal-hal yang harus Anda segera perbaiki, misalnya:

  • Sistem rekrutmen yang panjang dan lama 
  • Ketiadaan program pengembangan karyawan yang berkelanjutan
  • Belum ada program kesejahteraan karyawan non-finansial

Opportunity 

Opportunity berkaitan dengan faktor eksternal yang bisa Anda manfaatkan menjadi peluang atau kesempatan untuk mendukung rencana talent acquisition. Contohnya:

  • Tren bisnis yang terus tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir telah menciptakan tenaga kerja baru 
  • Jumlah kandidat untuk jenis industri Anda yang melimpah di pasar tenaga kerja
  • Regulasi pemerintah di bidang ketenagakerjaan yang meringankan dunia usaha

Mengenali tren industri dan potensi pasar sangat penting dalam kaitannya dengan akuisisi bakat, sebab Anda dapat menentukan jenis pekerjaan apa yang akan dibutuhkan dalam waktu dekat, keterampilan apa saja yang akan banyak dicari, dan bagaimana menemukan karyawan semacam itu. Ini akan membantu Anda bergerak lebih cepat daripada perusahaan pesaing.

Threat

Threat atau ancaman adalah segala faktor negatif dari luar yang dapat mengganggu atau memberi dampak buruk bagi rencana Anda dalam akuisisi bakat, misalnya:

  • Banyak kandidat di pasar tenaga kerja, tetapi sangat sulit menemukan yang memiliki keterampilan spesifik yang Anda butuhkan
  • Persaingan dalam war for talent yang semakin sengit dalam industri Anda
  • Biaya rekrutmen yang semakin tinggi namun tidak dapat menjamin kualitas kandidat yang dipekerjakan

Analisis SWOT memiliki manfaat bagi talent acquisition, antara lain:

Memberikan rekomendasi strategi yang tepat

Dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, Anda dapat meningkatkan kekuatan, memperbaiki kelemahan, mengoptimalkan upaya untuk mengejar peluang, dan menghindari potensi ancaman. Jadi, Anda bisa merumuskan strategi talent acquisition yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Membantu menetapkan prioritas 

Identifikasi faktor positif dan negatif memungkinkan Anda mendapatkan informasi dan gambaran utuh mengenai kondisi perusahaan Anda di tengah persaingan industri saat ini dan beberapa tahun ke depan. 

Analisis SWOT juga menunjukkan faktor-faktor kelemahan dan kesulitan yang Anda hadapi, misalnya proses rekrutmen yang panjang dan berbiaya tinggi, atau kualitas kandidat yang Anda peroleh tidak memuaskan. Dengan demikian, Anda dapat mencari solusi tepat untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas.

Glints TalentHunt bisa menjadi solusi efisien dan efektif dalam membantu Anda mendapatkan kandidat berkualitas. Selain proses yang singkat dengan biaya cost per hire terjangkau, TalentHunt juga memberikan jaminan rekrutmen 90 hari. Apabila kualitas kandidat tidak memenuhi atau tidak cocok dengan posisi yang Anda cari, maka Anda akan mendapatkan penggantian kandidat gratis.

TalentHunt memiliki proses rekrutmen yang efektif dengan memadukan tim berdedikasi dan teknologi cerdas machine learning untuk menyaring dan menemukan kandidat yang tepat untuk Anda di antara lebih dari 100.000 top talent di database Glints. Tim kami akan mencari kandidat yang paling memenuhi kriteria, termasuk persyaratan keterampilan spesifik yang Anda butuhkan, maksimal dalam waktu 3 minggu.

Glints adalah aplikasi lowongan kerja berbasis web yang dikunjungi ratusan ribu bakat-bakat muda pencari kerja. Selain TalentHunt, Anda juga dapat memanfaatkan job portal Glints untuk memasang iklan lowongan kerja gratis apabila ingin merekrut kandidat sendiri. Buat akun lebih dulu di laman https://employers.glints.id dan posting iklan Anda tanpa batas.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *