Tips Meninjau Resume Kandidat4 min read

Tips Meninjau Resume Kandidat
©️ Unsplash

 

Meninjau dan mengevaluasi resume kandidat merupakan syarat utama dalam penyaringan dokumen. Untuk menilai apakah kandidat layak diteruskan ke tahap berikutnya atau tidak, Anda harus membaca dan meneliti CV mereka.

Meloloskan orang yang tidak tepat akan menghabiskan waktu Anda lebih banyak pada proses berikutnya. Anda harus membatasi kandidat yang ingin Anda temui dalam wawancara dengan screening resume yang ketat.

Keterampilan review CV dapat dipelajari dengan mudah. Banyak tips dibagikan para praktisi HR untuk meningkatkan efisiensi proses evaluasi dokumen. 

Berikut ini beberapa tips meninjau resume kandidat: 

Jangan abaikan surat lamaran

Beberapa perusahaan sudah meninggalkan seleksi surat lamaran dan lebih fokus pada CV. Padahal, dokumen tersebut membantu Anda menilai dengan cepat beberapa informasi penting, seperti apakah jenis keterampilan dan pengalaman kandidat cocok dengan peran, apa motivasi kandidat melamar pekerjaan tersebut, dan bagaimana mereka akan berkontribusi ke perusahaan. Surat lamaran juga memperlihatkan seberapa baik kandidat menampilkan dirinya secara singkat dan padat.

Menyingkirkan yang tidak memenuhi syarat

Dalam setiap proses lamaran kerja, akan selalu ada pencari kerja yang nekat mengirim aplikasi meski mereka sadar tidak memenuhi syarat. Tipe pelamar seperti ini akan menambah pekerjaan Anda. Langkah pertama, singkirkan resume mereka, sehingga Anda hanya akan menyisakan kandidat yang memenuhi syarat. Cara paling mudah dan cepat adalah menggunakan kata kunci di job description dan daftar kualifikasi.

Membaca lebih detail

Dengan membaca lebih detail, maka Anda akan lebih bisa mengenali kandidat yang serius melamar dan yang tidak. Resume yang memasukkan banyak informasi tidak relevan menandakan kandidat kurang serius. Begitu juga dengan resume yang mengandung banyak kesalahan dalam tata bahasa dan ejaan, struktur yang berantakan, dan bertele-tele, menandakan kandidat bukan jenis orang yang memperhatikan detail. Kecerobohan ini juga berpotensi terjadi dalam pekerjaan mereka.

Menandai kandidat “berisiko”

Setelah mendapatkan resume kandidat yang memenuhi syarat, saatnya Anda memilih. Tandai kandidat yang menimbulkan pertanyaan, misalnya kandidat tipe “kutu loncat” yang telah berpindah-pindah perusahaan hanya dalam waktu singkat, kandidat yang memiliki jeda panjang di tengah-tengah karier tanpa ada keterangan, dan kandidat yang memiliki karier statis dalam waktu lama. Tipe kandidat semacam itu memang belum tentu buruk dalam bekerja, tetapi cukup “berisiko” bagi perusahaan Anda. 

Hati-hati dengan istilah yang ambigu

Salah satu kebiasaan buruk pelamar kerja untuk menutupi kelemahan atau menyembunyikan fakta adalah menuliskan kalimat dengan kata-kata yang tidak terdefinisikan dengan baik. Misalnya “berpartisipasi dalam tim” tidak menjelaskan peran kandidat secara eksplisit sebagai apa, atau “familiar dengan bahasa pemrograman” tidak menggambarkan sejauh mana penguasaan kandidat. Selain itu, perhatikan pula istilah yang tidak umum, misalnya pengalaman dengan judul peran yang kurang lazim. Lebih baik Anda berhati-hati dengan kandidat seperti ini.

Memilih resume yang dipersonalisasi

Dari banyak resume kandidat yang memenuhi syarat, Anda dapat mengenali resume template yang ditulis secara umum dan dikirimkan ke banyak perusahaan dan resume yang dipersonalisasi untuk perusahaan Anda. Resume yang khusus ditulis untuk pekerjaan Anda biasanya akan menghubungkan kualifikasi kandidat dengan peran yang Anda iklankan dengan baik. 

Kandidat yang serius akan menjelaskan bagaimana pengalaman dan keterampilan mereka akan memberikan nilai tambah secara spesifik bagi perusahaan Anda, misalnya meningkatkan pelanggan, mengefisienkan dan mempercepat pekerjaan, atau menghemat biaya perusahaan.

Menilai motivasi dan antusiasme

Anda mungkin harus bersikap sedikit realistis bahwa kandidat ideal sangatlah langka di pasar tenaga kerja. Karena itu, jika mengalami kesulitan, pilihlah resume dan surat lamaran yang menggambarkan motivasi dan antusiasme tinggi terhadap pekerjaan Anda, serta kandidat memiliki karakter yang cocok dengan budaya organisasi. Soal pengetahuan dan keterampilan kandidat yang tidak begitu hebat, Anda dapat melatih mereka sesuai kebutuhan perusahaan.

Gunakan teknologi terkini untuk menyingkat proses rekrutmen Anda

Meneliti setiap detail resume kandidat sekarang lebih mudah menggunakan software AI yang efisien, seperti yang digunakan oleh Glints TalentHunt. Platform rekrutmen ini menerapkan proses screening dengan algoritma Machine Learning yang semakin cerdas dalam menangani data dalam jumlah besar.

Teknologi berbasis AI ini sanggup menyaring ribuan kandidat dalam waktu cepat melalui pencocokan kata kunci pada job description, sekaligus membuat peringkat secara otomatis. Kami memiliki talent pool yang besar dengan 130.000+ profil top talent berpengalaman yang telah melalui kurasi dan siap rekrut. 

TalentHunt membantu perusahaan merekrut kandidat yang tepat dengan proses yang singkat dalam waktu maksimal 3 minggu. Platform ini telah dipercaya lebih dari 30.000 perusahaan untuk merekrut top talent dan membangun organisasi mereka, dengan tingkat kepuasan 8/10. 

Layanan TalentHunt juga mencakup jaminan 90 hari. Apabila karyawan yang kami rekomendasikan memiliki kinerja yang tidak memuaskan atau tidak cocok dengan peran yang Anda berikan, maka Anda akan mendapat kandidat pengganti tanpa biaya.

Merekrut dengan TalentHunt cukup mudah dan tanpa perlu biaya di awal. Klik  https://talenthunt.glints.id dan beri tahu tim kami profil kandidat yang Anda butuhkan.

(Penulis: Ari Susanto)

Platform Rekrutmen Online - Job Portal Gratis - Headhunter Indonesia | Glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.